MEDIA POSTER PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK SANTRI DI TPA

Penulis

  • Iman Santoso Universitas Islam Jakarta
  • Feby Nabiilah Nuari Universitas Islam Jakarta
  • Siti Khairunnisa Universitas Islam Jakarta
  • Syahrullah Universitas Islam Jakarta

Kata Kunci:

Media, Pembelajaran Tajwid, Poster

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya yang terdapat pada rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPA Musholla Al-Falah dengan media poster yang masih kurang memahami ilmu tajwid. Mungkin dengan adanya media poster dalam pembelajaran tajwid bisa mempermudah santri untuk memahami materi tajwid hukum nun mati atau tanwin dan mengulangnya kembali dirumah kapan saja. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan studi pustaka dengan menghasilkan sebuah media poster dalam pembelajaran tajwid untuk santri di TPA Musholla Al-Falah. Bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan huruf hijaiyyah, baik bacaan idzhar halqi, ikhfa, iqlab, idgham bighunnah, dan idgham bilaghunnah. Karena kita salah membaca huruf Al-Qur’an maka akan berpengaruh kepada makna atau arti dari ayat tersebut. Metode yang digunakan dengan ceramah, praktek mencari contoh yang ada dalam Al-Qur’an. Sehingga hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar membaca Al-Qur’an menurut hukum bacaan ilmu tajwid serta bagi mereka pernah belajar untuk mengingatkan kembali.

Referensi

Amari, R. O. (2023). Faktor- Faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al quran.

Hidayat, S. K., Ramadlon, D. A., & Astutik, A. P. (2023). Model Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran Al-Qur’an Materi Surah Al-Ma’un. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 138.

Ii, B. A. B., Membaca, A. K., Qur, A., Membaca, P., & Qur, A. (2008). Hukum Tajwid. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 10–32.

Khasanah, U. (2021). Materi tajwid dalam kitab syifaul jinan dan relevansinya dengan mata pel ajaran al qur’an hadits kelas iv madrasah ibtidaiyah. IAIN Ponorogo.

Maulidia, E., Muis, A., & Mulyana, R. A. (2023). Pengenalan Tajwid Sejak Dini Melalui Metode Baghdadi Di Desa Karanghaur. An-Nizam, 2(1), 183–189. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6974

Safira, D., Ghofur, A., & Rohayah, A. A. (2022). Pelatihan Ilmu Tajwid menggunakan Metode Sorogan untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-qur’an pada masyarakat di Desa Sriamur. An-Nizam, 1(1), 109–116. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i1.3712

Wulandari, R. (2017). Poster sebagai Media Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 375–380.

Kutipan dari Buku

Wulandari, R. (2017). Poster sebagai Media Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 375–380.

Khasanah, U. (2021). Materi tajwid dalam kitab syifaul jinan dan relevansinya dengan mata pel ajaran al qur’an hadits kelas iv madrasah ibtidaiyah. IAIN Ponorogo.

Kutipan dari Jurnal

Hidayat, S. K., Ramadlon, D. A., & Astutik, A. P. (2023). Model Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran Al-Qur’an Materi Surah Al-Ma’un. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 138.

Ii, B. A. B., Membaca, A. K., Qur, A., Membaca, P., & Qur, A. (2008). Hukum Tajwid. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 10–32.

Safira, D., Ghofur, A., & Rohayah, A. A. (2022). Pelatihan Ilmu Tajwid menggunakan Metode Sorogan untuk di Desa Sriamur. An-Nizam, 1(1), 109–116.

Maulidia, E., Muis, A., & Mulyana, R. A. (2023). Pengenalan Tajwid Sejak Dini Melalui Metode Baghdadi Di Desa Karanghaur. An-Nizam, 2(1), 183–189.

Kutipan dari Tesis dan Disertasi

Amari, R. O. (2023). Faktor- Faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al quran hlm16-19.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

Iman Santoso, Feby Nabiilah Nuari, , S. K., & Syahrullah. (2024). MEDIA POSTER PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK SANTRI DI TPA. Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 41–52. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/51

Terbitan

Bagian

Articles