MEDIA POSTER PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK SANTRI DI TPA
Kata Kunci:
Media, Pembelajaran Tajwid, PosterAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya yang terdapat pada rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPA Musholla Al-Falah dengan media poster yang masih kurang memahami ilmu tajwid. Mungkin dengan adanya media poster dalam pembelajaran tajwid bisa mempermudah santri untuk memahami materi tajwid hukum nun mati atau tanwin dan mengulangnya kembali dirumah kapan saja. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan studi pustaka dengan menghasilkan sebuah media poster dalam pembelajaran tajwid untuk santri di TPA Musholla Al-Falah. Bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan huruf hijaiyyah, baik bacaan idzhar halqi, ikhfa, iqlab, idgham bighunnah, dan idgham bilaghunnah. Karena kita salah membaca huruf Al-Qur’an maka akan berpengaruh kepada makna atau arti dari ayat tersebut. Metode yang digunakan dengan ceramah, praktek mencari contoh yang ada dalam Al-Qur’an. Sehingga hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar membaca Al-Qur’an menurut hukum bacaan ilmu tajwid serta bagi mereka pernah belajar untuk mengingatkan kembali.
Referensi
Amari, R. O. (2023). Faktor- Faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al quran.
Hidayat, S. K., Ramadlon, D. A., & Astutik, A. P. (2023). Model Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran Al-Qur’an Materi Surah Al-Ma’un. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 138.
Ii, B. A. B., Membaca, A. K., Qur, A., Membaca, P., & Qur, A. (2008). Hukum Tajwid. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 10–32.
Khasanah, U. (2021). Materi tajwid dalam kitab syifaul jinan dan relevansinya dengan mata pel ajaran al qur’an hadits kelas iv madrasah ibtidaiyah. IAIN Ponorogo.
Maulidia, E., Muis, A., & Mulyana, R. A. (2023). Pengenalan Tajwid Sejak Dini Melalui Metode Baghdadi Di Desa Karanghaur. An-Nizam, 2(1), 183–189. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6974
Safira, D., Ghofur, A., & Rohayah, A. A. (2022). Pelatihan Ilmu Tajwid menggunakan Metode Sorogan untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-qur’an pada masyarakat di Desa Sriamur. An-Nizam, 1(1), 109–116. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i1.3712
Wulandari, R. (2017). Poster sebagai Media Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 375–380.
Kutipan dari Buku
Wulandari, R. (2017). Poster sebagai Media Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 375–380.
Khasanah, U. (2021). Materi tajwid dalam kitab syifaul jinan dan relevansinya dengan mata pel ajaran al qur’an hadits kelas iv madrasah ibtidaiyah. IAIN Ponorogo.
Kutipan dari Jurnal
Hidayat, S. K., Ramadlon, D. A., & Astutik, A. P. (2023). Model Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran Al-Qur’an Materi Surah Al-Ma’un. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 138.
Ii, B. A. B., Membaca, A. K., Qur, A., Membaca, P., & Qur, A. (2008). Hukum Tajwid. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 10–32.
Safira, D., Ghofur, A., & Rohayah, A. A. (2022). Pelatihan Ilmu Tajwid menggunakan Metode Sorogan untuk di Desa Sriamur. An-Nizam, 1(1), 109–116.
Maulidia, E., Muis, A., & Mulyana, R. A. (2023). Pengenalan Tajwid Sejak Dini Melalui Metode Baghdadi Di Desa Karanghaur. An-Nizam, 2(1), 183–189.
Kutipan dari Tesis dan Disertasi
Amari, R. O. (2023). Faktor- Faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al quran hlm16-19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.