PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL, JUAL BELI DAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2018 – 2022)

Authors

  • Fellia Eka Oktaviani Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembiayaan Bagi Hasil, Jual Beli, Sewa, Kinerja Keuangan

Abstract

Menurut UU Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang bank syariah yaitu lembaga bank yang menjalankan usaha berdasarkan ajaran syariah. Prinsip bank syariah memiliki ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan ajaran Islam, termasuk di antaranya larangan atas bunga (riba) dan aktivitas yang dianggap haram oleh hukum Islam. Bank syariah berkomitmen untuk beroperasi secara etis dan sesuai dengan panduan syariah, sehingga produk dan layanannya berbeda dengan bank konvensional. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiayaan bagi hasil, jual beli dan sewa pada kinerja keuangan (ROA) pada bank umum syariah. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan peneliti. Terdapat  12 unit bank umum syariah dalam populasi penelitian. Akan tetapi hanya tersisa 7 unit sampel yang sesuai dengan kriteria yang digunakan. Laporan keuangan tahunan merupakan data yang dipakai dalam penelitian yang terdapat pada ojk.go.id. Selain itu, analis regresi linier adalah teknik yang digunakan. Sehingga menghasilkan pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli berpengaruh pada kinerja keuangan dan pembiayaan sewa tidak berpengaruh pada kinerja keuangan.

References

Akuntansi Transaksi Syariah. (2011). Ikatan Akuntan Indonesia.

Dimas N, Riyanti, dan Luqman H. 2023. " Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Inflasi, Current Ratio Dan Debt To Asset Ratio Terhadap Return On Asset Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan ". Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis. Vol 4 No 1.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Inayatillah, Y., & Subardjo, A. (2017). Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil , Pembiayaan Jual Beli, Fdr, Npf Terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(12), 1–17.

Krisnando, & Sakti, S. H. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(01), 73-95.

Otoritas JasaKeuangan (OJK). 2015. Laporan Statistik Perbankan Syariah. Outlook

OJK.Diperolehtanggal 30 September 2015 dari www.ojk.co.id.

Raharjo, E. (2007). Teori Agensi Dan Teori Stewarship Dalam Perspektif Akuntansi. Teori Agensi Dan Teori Stewarship Dalam Perspektif Akuntans, 2(1), 37–46.

Sugiyono.2007. MetodePenelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta

Whedy, P. (2011). Pembiayaan Bagi Hasil, Prinsip Jual Beli dan Prinsip Sewa Terhadap Falah Laba. Jurnal Keuangan dan Perbankan , 15(3), 456-465.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Fellia Eka Oktaviani. (2024). PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL, JUAL BELI DAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2018 – 2022). Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1). Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/104

Issue

Section

Articles