PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Ardiani Nur Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

ROA, ROE, NPM, Harga Saham, CSR

Abstract

Perekonomian di Indonesia berkembang yang ditandai dengan meningkatnya nilai perusahaan terutama perusahaan tambang. Kinerja keuangan dapat mencerminkan nilai perusahaan yang dapat dicerminkan melalui laporan keuangan. Salah satu dari sekian banyaknya indikator laporan keuangan adalah rasio profitabilitas yakni Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM). Umumnya, ketika kinerja keuangan bernilai bagus, maka harga saham pun meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mecari tahu tentang bagaimana pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham, serta kemampuan pengungkapan CSR dalam memperkuat kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan tambang dengan periode kurun waktu 2018-2022. Metode penelitian kuantitatif dengan desain kausal, yakni menganalisis hubungan-hubungan antara variabel ROA, ROE, NPM, CSR serta harga saham melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas yang digunakan adalah kinerja keuangan dalam bentuk ROA, ROE dan NPM. Sedangkan variabel terikat yang dipilih yaitu harga saham. Kemudian terdapat pengungkapan CSR yang digunakan dalam penelitian ini sebagai variabel moderasi. Banyaknya total sampel data yang dipakai oleh peneliti untuk melakukan pengujian yaitu 95 yang telah disortir dan dipilih melalui metode purposive sampling. Peneliti mengguhnakan jenis analisis data berupa analisis regresi berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA) serta uji T yang dibantu dengan alat SPSS. Hasil penelitian memberikan hasil yang menunjukkan ROA dan ROE berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Sedangkan NPM tidak berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Pengungkapan CSR mampu memperkuat pengaruh ROE terhadap Harga Saham. Sedangkan pengungkapan CSR tidak mampu memperkuat pengaruh ROA dan NPM terhadap Harga Saham.

 

References

Amir, J. (2021). The Determinan Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING).

Arini, N. T., Suryandari, N. A., & Susandya, A. A. (2019). ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS. Journal of Applied Management and Accounting Science.

Badollahi, I. (2019). PERLAKUAN AKUNTANSI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN UNTUK PENGEMBANGAN MASYARAKAT SEKITAR PT SEMEN TONASA. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel.

Damayanti, S., Anggadini, S. D., & Bramasto, A. (2020). ANALISIS PENGHINDARAN PAJAK YANG DIPENGARUHI TINGKAT PROFITABILITAS. Jurnal Akuntansi.

Hamid, A., & Dailibas. (2021). Pengaruh Return On Asset dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING).

Hidayat, R., Yahya, A., & Ernis, Y. (2020). Analisis Yuridis Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Terhadap Masyarakat Sekitar. Jurnal Penelitian Hukum De Jure.

Kusnadi, K. (2020). PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM SEKTOR KEUANGAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2015-2017. ASY SYAR'IYYAH: JURNAL ILMU SYARI'AH DAN PERBANKAN ISLAM.

Muchran, M., & Thaib, M. F. (2020). PENGARUH ARUS KAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015- 2018. AJAR.

Napisah, N., & Soeparyono, R. D. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Pemoderasi. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI).

Nasrullah, F., Nurhayati, A., Subiyanto, S., & Suryana, A. A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TERHADAP PENDAPATAN PEMBUDIDAYA IKAN NILA (STUDI KASUS: KOTA TASIKMALAYA). PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan).

Pambudi, J. E., Siregar, I. G., & Widyarini, A. S. (2022). PENGARUH GENDER, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Review of Applied Accounting Research (RAAR).

Prasetyo, E., & Yuniati, T. (2020). ANALISIS RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENENTUKAN INVESTASI SAHAM PADA PT UNILEVER, TBK PADA TAHUN PERIODE 2010-2018. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen.

Prayoga, Y., & Aprilyanti, R. (2021). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividend Per Share (DPS), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2019. eCo-Fin.

Qoyyim, S. H., & Widuhung, S. D. (2020). Analisis Strategi Penyaluran Dana Zakat, Infak, dan Sedekah dan Tingkat Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Pada Periode 2015-2019. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial.

Rahmawati, N. D., Wardhani, R. S., & Noviana, M. P. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Return On Equity, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Hotel, Restoran, dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022. IJAB: Indonesian Journal of Accounting and Business.

Ramandei, P., Saranga, E., Sawai, J., & Abba, I. J. (2023). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Harga Saham dengan Kinerja Perusahaan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Property dan Real Estate. Journal of Economics Review (JOER).

Riani, N. (2020). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN KINERJA CV. RANDU SARI SATU TAHUN 2016-2018. DERIVATIF: Jurnal Manajemen.

Saputra, D. W., & AC, A. M. (2023). Pengaruh RoA, RoE, dan NPM terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Property and Real Estate yang terdaftar di BEI dengan EPS sebagai Variabel Intervening Periode 2019-2021. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam.

Silitonga, R. M., Adel, J. F., & Ardiansyah, A. (2023). Analisis Pengaruh PER, MVA, dan EVA terhadap Harga Saham dengan Tahun COVID-19 sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Kesehatan yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia.

Sinaga, A. N., Michael, M., & Yuliyani, Y. (2020). Pengaruh Net Profit Margin, Earning Per Share, Return On Assets dan Leverage Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING).

Sutrisno, S., & Sari, R. L. (2020). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Sektor Property dan Real Estate. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

, A. N. H. (2024). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1). Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/106

Issue

Section

Articles