PERAN BAGIAN ADMINISTRASI DALAM MENUNJANG KINERJA BALAI PENGELOLA SUMBER DAYA AIR PULAU LOMBOK

Authors

  • Nafillah Prodi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Rahmat Hidayat Prodi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

Keywords:

Administrasi, Peran, Kinerja

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran bagian administrasi dalam menunjang kinerja balai psda pulau lombok. Bagian administrasi pada Balai Pengelola Sumber Daya Air Pulau Lombok merupakan salah satu unit yang bergerak pada bidang pelayanan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bagian administrasi dalam menunjang kinerja balai psda pulau lombok, hambatan apa yang di alami serta solusi untuk penyelesaian masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian administrasi sangat berperan penting dalam menunjang kinerja Balai PSDA Pulau Lombok. Dengan adanya administrasi yang baik pekerjaan kantor menjadi lebih rapi dan terorganisir dengan baik. Namun kurangnya ASN dan terjadinya bencana alam menjadi hambatan dalam pelaksanaan operasional kantor sehingga diperlukan pengangkatan tenaga non ASN dan penggunaan teknologi ramah lingkungan guna menanggulangi masalah tersebut.

References

Hidayat, R. and Ferbiyanti, I. (2023) ‘Pelayanan Publik di Kota Mataram: Program Public Safety Center (PSC) 119 Mataram Emergency Medical Service (MEMS)’, Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i1.3086.

Hidayat, R.H., Rahcman, M.T. and Burhan, M.R. (2020) ‘Studi Komparasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Terhadap Pelayanan Publik Tahun 2019 (Studi di Dinas Dukcapil Kota Mataram dan Dukcapil Kabupaten Lombok Barat)’, Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v6i2.131.

Hidayat, R., Afzal, M., & Suryani, E. (2018). PELAYANAN PENGGUNAAN LISTRIK PRABAYAR (LISTRIK ELEKTRIK) PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMBAWA RAYON ALAS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i3.493

Hasmana Heri. (2024). Peranan Administrasi Kearsipan dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Kantor Desa Hamerang Kecamatan Cibinong Kabupaten Cianjur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 4 Nomor 3, 7987–7997.

Junaedi, E. (2019). PERANAN BAGIAN ADMINISTRASI KANTOR PT TANGARA MITRAKOM JAKARTA PUSAT. Jurnal Sekretari |, 6(1).

Salmin, Palahuddin, Rahmad Hidayat, Amil, M. (2022) ‘Penguatan Sistem Administrasi Skala Prioritas Pemerintah Desa’, Jces [Preprint].

Pandi, A. (2022). MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan) PERAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI MTs. HIDAYATUL MUHSININ. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index

Rachman, M.T., Hidayat, R. and ... (2021) ‘Peningkatan Pemahaman Standar Pelayanan Publik Di Desa Dasan Baru Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah’, … Pengabdian Publik (JP … [Preprint]

Kutipan dari Dokumen Pemerintah

DPUPR Provinsi NTB. Rencana Strategis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2024-2026.

Downloads

Published

How to Cite

Nafillah, & Rahmat Hidayat. PERAN BAGIAN ADMINISTRASI DALAM MENUNJANG KINERJA BALAI PENGELOLA SUMBER DAYA AIR PULAU LOMBOK. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(2), 316–323. Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/127