STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN LOMBONGO KABUPATEN BONE BOLANGO

Authors

  • Sri Novita Afriani Nur Djali Universitas Negeri Gorontalo
  • Yacob Noho Nani Universitas Negeri Gorontalo
  • Rustam Tohopi Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Strategi Pengembangan ; Objek Wisata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai pendekatan yang digunakan untuk mengembangkan objek wisata pemandian Lombongo. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan yang digunakan pemerintah untuk mendorong pengembangan objek wisata Lombongo dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Metode kualitatif deskriptif digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Huberman. Studi ini berfokus pada strategi pengembangan objek wisata Lombongo di Kabupaten Bone Bolango dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengembangan objek wisata pemandian Lombongo di Kabupaten Bone Bolango telah berjalan dengan baik dalam beberapa hal. Misalnya, aspek kekuatan, yaitu fasilitas infrastruktur untuk wisata, telah dimaksimalkan, dan aspek peluang pengembangan, yaitu jumlah yang cukup besar, karena dapat membantu masyarakat di sekitar objek wisata. Namun, ada beberapa hal yang belum sempurna, seperti kelemahan: banyak fasilitas yang dibangun oleh PEMDA belum berfungsi dengan baik karena tidak ada pengelola di setiap unit, dan ancaman terbesar di tempat wisata Lombongo adalah bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian besar.

References

Maskan, M., Utaminingsih, A., & Patma, T. S. (2019). Pengantar Manajemen (Nomor Juli). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17567.48800

Yusuf, M., Haryoto, C., Husainah, N., & Nuraeni. (2023). Teori Manajemen. In Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmwmotorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

CIpta, H., & Hatamar. (2018). Buku Analisis SWOT. In Universitas Mahasaraswati Press (Vol. 1, Nomor Desember).

Sudiantini, Dian. 2022. 7 Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents Manajemen Strategi.

Effendi, M. Irhas, dan Titik Kusmanntini. 2021. “Manajemen Strategi Evolusi Pendekatan dan Metodologi Penelitian.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 119(4): 361–416. https://eprints.upnyk.ac.id/26254/1/Buku Ajar Manajemen Strategi.pdf

Kutipan dari Jurnal

Anwar, M. C., & Utami, M. C. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1–9. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/282/0

Tui, F. P., Ilato, R., Isa, R., & Abdussamad, J. (2023). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Di Kawasan Pesisir Kabupaten Bone Bolango. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(1), 332–342. https://doi.org/10.37606/publik.v10i1.682

Regulasi

Peraturan Daerah Kabupaten Bone Bolango No. 2 Tahun 2013 Tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Bone Bolango 2011-2031

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Djali, S. N. A. N., Nani, Y. N., & Tohopi, R. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN LOMBONGO KABUPATEN BONE BOLANGO. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(2), 491–499. Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/143