STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN LOMBONGO KABUPATEN BONE BOLANGO
Keywords:
Strategi Pengembangan ; Objek WisataAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai pendekatan yang digunakan untuk mengembangkan objek wisata pemandian Lombongo. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan yang digunakan pemerintah untuk mendorong pengembangan objek wisata Lombongo dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Metode kualitatif deskriptif digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Huberman. Studi ini berfokus pada strategi pengembangan objek wisata Lombongo di Kabupaten Bone Bolango dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengembangan objek wisata pemandian Lombongo di Kabupaten Bone Bolango telah berjalan dengan baik dalam beberapa hal. Misalnya, aspek kekuatan, yaitu fasilitas infrastruktur untuk wisata, telah dimaksimalkan, dan aspek peluang pengembangan, yaitu jumlah yang cukup besar, karena dapat membantu masyarakat di sekitar objek wisata. Namun, ada beberapa hal yang belum sempurna, seperti kelemahan: banyak fasilitas yang dibangun oleh PEMDA belum berfungsi dengan baik karena tidak ada pengelola di setiap unit, dan ancaman terbesar di tempat wisata Lombongo adalah bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian besar.
References
Maskan, M., Utaminingsih, A., & Patma, T. S. (2019). Pengantar Manajemen (Nomor Juli). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17567.48800
Yusuf, M., Haryoto, C., Husainah, N., & Nuraeni. (2023). Teori Manajemen. In Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmwmotorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
CIpta, H., & Hatamar. (2018). Buku Analisis SWOT. In Universitas Mahasaraswati Press (Vol. 1, Nomor Desember).
Sudiantini, Dian. 2022. 7 Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents Manajemen Strategi.
Effendi, M. Irhas, dan Titik Kusmanntini. 2021. “Manajemen Strategi Evolusi Pendekatan dan Metodologi Penelitian.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 119(4): 361–416. https://eprints.upnyk.ac.id/26254/1/Buku Ajar Manajemen Strategi.pdf
Kutipan dari Jurnal
Anwar, M. C., & Utami, M. C. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1–9. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/282/0
Tui, F. P., Ilato, R., Isa, R., & Abdussamad, J. (2023). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Di Kawasan Pesisir Kabupaten Bone Bolango. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(1), 332–342. https://doi.org/10.37606/publik.v10i1.682
Regulasi
Peraturan Daerah Kabupaten Bone Bolango No. 2 Tahun 2013 Tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Bone Bolango 2011-2031
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Novita Afriani Nur Djali, Yacob Noho Nani, Rustam Tohopi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.