PENGELOLAAN ADMINISTRASI SURAT MENYURAT MENGGUNAKAN TATA NASKAH DINAS BERBASIS ELEKTRONIK DI BALAI PRASARANA PERMUKIMAN WILAYAH GORONTALO
Keywords:
Pengelolaan Administrasi Surat Menyurat, Tata Naskah Dinas Berbasis ElektronikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Alur Pelaksanaan Tata Naskah Dinas Elektronik, (2) Mengetahui Pengelolaan tata naskah dinas dan elektronik dibalai prasarana permukiman wilayah gorontalo, (3) Mengetahui Penerapan arsip elektronik dibalai prasarana permukiman wilayah gorontalo. model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Bagian Tata Usaha dan Staff terkait yang ada di Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo. Hasil Menunjukkan bahwa (1) Penyusunan Tata Naskah Dinas Elektronik dilihat dari Sistem Informasi Penyusunan Tata Naskah Dinas Berbasis Elektronik ini, sistem pendataan dan pengiriman surat masuk dan surat keluar yang telah terkomputerisasi dapat mempermudah pegawai dalam melakukan pendataan, pencarian, pengiriman hingga pembuatan laporan menjadi lebih efisien serta Sistem Informasi Penyusunan Tata Naskah Dinas Berbasis Elektronik di Balai Prasarana Permukiman Wilayah provinsi Gorontalo, (2) Pengelolaan tata naskah dinas dan elektronik dibalai prasarana permukiman wilayah gorontalo adalah Pengelolaan Surat masuk dan keluar menggunakan aplikasi atau yang disebut dengan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) di Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Gorontalo sudah dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 16/PRT/M/2019 Tentang Pedoman Tata Naskah Dinas, yang dimana surat masuk dan keluar menggunakan surat berbasis web yang dibuat secara otomatis tanpa manual sehingga memudahkan staf operator dalam membuat surat kepada pimpinan, (3) Penerapan arsip elektronik dibalai prasarana permukiman wilayah gorontalo adalah salah satu penunjang keberhasilan dalam tata usaha, seperti ruang tata usaha yang terkumpulnya semua surat pada aplikasi TNDE dalam bentuk file word maupun dalam bentuk pdf.
References
Hidayat, S., & Jumiatun, U. (2017). Prosedur Pengelolaan Surat Untuk Memperlancar Proses Penyampaian Informasi Pada Kantor Kecamatan Pamulang. Sekretari, 3(1), 33. https://doi.org/10.32493/skr.v3i1.637
Kementerian Indonesia, P. A. N. dan R. B. R. (2013). Pedoman tata naskah dinas instansi pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tahun 2012, 69, 4–120.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 16/PRT/M/2019 Tentang Pedoman Tata Naskah Dinas
Rahayu, W. (2020). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pengelolaan Surat Menyurat Sesuai Tata Naskah Dinas. JAN Maha, 3(10), 31–47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dhea Ananda suci, Rustam Tohopi, Romy Tantu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.