IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA SILA KE DUA DALAM BERSIKAP DI MEDSOS MENJELANG PEMILU

Authors

  • Fauzi Andrean Universitas Duta Bangsa Surakarta

Abstract

Medsos adalah wadah komunikasi utama yang sangat signifikan bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat, berinteraksi, mendapatkan, menyebarkan informasi dan berinteraksi dengan berbagai pihak di jaman globalisasi dan berkembangnya TI dengan cepat terutama menjelang Pemilu. Pemilu sebagai sarana demokrasi memerlukan partisipasi aktif dan cerdas dari masyarakat. Pertentangan diantara masyarakat pendukung yang mengakibatkan timbulnya perseteruan yang diakibatkan adanya beda pendapat dan pilihan di masyarakat. Artikel ilmiah disusun dengan tujuan mengetahui implementasi nilai-nilai Sila ke-2 Pancasila dalam bersikap di medsos menjelang pemilu. Penelitian menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif merujuk teori sesuai dengan topik. Sumber data menggunakan studi literatur, data yang diperoleh diproses dengan analisis teori dan hasil temuan peneliti terdahulu melalui proses penelusuran dengan mengumpulkan data dari informan yang sesuai penelitian, data diseleksi, dan sintesis informasi untuk mendapatkan data yang lengkap guna memperoleh kesimpulan akurat. Temuan penelitian menunjukkan implementasi sila ke 2 Pancasila diterapkan secara konkret dalam perilaku online, dengan menciptakan suasana dialog yang sehat, menghargai perbedaan pendapat, menghindari konflik yang tidak produktif dengan mengangkat rasa kemanusiaan yang memiliki adap dan sebanding, berlaku sama, bersikap hormat dalam perbedaan dengan berperilaku adab dan menjaga etika sopan dalam bertingkah laku di medsos. Implementasi nilai Pancasila pada platform medsos diharapkan dapat membentuk partisipasi aktif masyarakat yang cerdas dan bertanggung jawab dalam proses demokrasi, menjaga keutuhan bangsa, dan menciptakan pemilu yang bermartabat

References

Ardiansah, I., & Maharani, A, 2021. Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press

Huda, M. C, 2018, Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara: Implemetasi Nilai-Nilai Keseimbangan dalam Upaya Pembangunan Hukum di Indonesia. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, Vol 1(1)

Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.

......... 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.

Hidayati., Arifuddin, A., 2021. Pelatihan Ujaran Kebencian (Hate Speech) Di Media Sosial Terhadap Siswa/I Kelas XI SMA Nurul Hasanah Medan Hate Speech Training (Hate Speech) on Social Media for Class XI Students of Nurul Hasanah Medan High School” Semantic Scholar pp. 36–42, http://dx.doi.org/10.30645/.v1i1.

Danang Tanjung Laksono, “Pemahaman Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dan Intensitas Bimbingan Moral oleh Orang Tua Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Bahaya Perilaku Menyimpang Pada Remaja di Kabayanan II Desa Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008”, (skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008), 1-8

Darji, D,, Santiaji,.1991, Pancasila, Usaha Nasional, Surabaya.

Rulli, N., 2017. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Remaja Rosdakarya, Bandung.

..........2017. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Aisyah, P.I., Putri, I., Aniek, I., Putri, D.M., 2024, Ujaran Kebencian Dalam Penyimpangan Sila Ke-2 Pancasila, Ikraith-Humaniora, Vol. 8 (1) pp. 38-46

Jurnal, Majalah, Prosiding:

Alissa, S.I.S., Mohammad, M.F.U., Mohammad,S.U., Nadila,A.Z., Susanti., Dadi, M.IN., 2023, Rendahnya Penerapan Sila Ke-2 Pancasila Dalam Penggunaan Media Sosial Tiktok. Jurnal Kebhinekaan dan Wawasan kemerdekaan ,Vol. 2 pp 11-21

Andriani, S., Dinie, A., 2021, Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial, EduPsyCouns Journal, Vol. 3 pp. 78-87.

Arif, P.W., Eka, W.W., .Heru, T. N., 2022, Pemilihan Umum di Indonesia dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6 pp 3217-3225

Christo., S.T.S., 2022. Implementasi Pancasila di Tahun Politik. Jurnal Adhyasta Pemilu (JAP). Vol. 5 pp. 2809-3321

Habibi, M., 2022, Populism and Political Identity in a Crossed Road: The Crisis of Representation and Electoral Pressure, Jurnal Netralitas dan Pemilu, 1(1) pp. 51–64.

Kariyadi, D., & Suprapto, W, 2017, Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Masyarakat Multikultural, Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), pp 86

Nurlatifah, J. S., Ubaidiah, L., Patmawati, P., Sahbani, S., & Nugraha, R. G. 2022. Pengaruh Media Sosial “TikTok” Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Di Era Digital. Jurnal Kewarganegaraan, Vol 6 pp. 1

Internet:

Cindy, M. A., 2023. Hoaks di Media Sosial Meningkat Jelang Kampanye Pemilu 2024. akses online 24 Desember 2023, URL: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/29/hoaks-di-media-sosial-meningkat-jelang-kampanye-pemilu-2024

Ghias, S. N., 2023. Pengaruh Tiktok Terhadap Nilai-nilai Pancasila [Video]. YouTube, akses online 24 Desember 2023, URL: https://youtu.be/m3AWAChhMJA

Irawanto, B.. 2019. Making it Personal : The Campaign Battle on Social Media in Indonesia’s 2019 Presidential Election. Perspective, Vol 1(28) pp. 1–11. Retrieved from https://www.iseas.edu.sg/images/pdf/ISEAS_Perspective_2019_28.pdf

Nurfisalsa., 2022, Maraknya Cyber Bullying yang Terjadi di TikTok. Kompasiana, akses online 24 Desember 2023, URL: https://www.kompasiana.com/nurfi salsa/61cfac969bdc4075160ac1a3 /maraknya-cyber-bullying-yangterjadi-di-tiktok

Bagadia, K., 2008, Make your maintenance Department a Profit Center, akses online 30 Juli 2012, URL: http://www.snoeksrealstate.com/files/Maintenance%20profit%20center.pdf .

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

, F. A. (2024). IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA SILA KE DUA DALAM BERSIKAP DI MEDSOS MENJELANG PEMILU. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1). Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/49

Issue

Section

Articles