ANALISIS PERAN DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMILU 2024

Authors

  • Suntra Yanti Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Ilham Hudi Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Tary Asmawati Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Amelia Putri Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Widya Pira Astuti Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Rahmi Hilatul Hayat Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • M. Zikri Aryandi Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Zulpardi Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Pemilu 2024, Media Sosial, Kualitatif Deskriptif

Abstract

ABSTRACT

This research aims to look at the role and influence of Social Media on the 2024 Election. This theme was taken because currently Indonesia is heading towards the 2024 Election and we are in a generation where life is greatly influenced by Social Media. This research uses a descriptive qualitative method with data collection techniques by means of interviews and questionnaires. The research results show that there are roles of social media in young people's participation in political developments in Indonesia, as well as the influence of social media on the 2024 election. Future research can expand the scope of data collection not only in the surrounding environment but within a larger environmental scope. The results of this research are that social media greatly influences the level of election participation, both directly and indirectly. In general, social media has become a wide-scale place to invite the public to assess how worthy the candidates in the election are to be elected, so even before the campaign, we as voters can measure who we will vote for later, which is one of the positive impacts of social media.

Keywords: 2024 general election, Social Media, Qualitative Descriptive

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dan pengaruh Media Sosial terhadap Pemilu 2024. Tema ini di ambil karena saat ini Indonesia sedang dalam masa menuju Pemilu 2024 dan kita sedang ada di generasi dimana kehidupan sudah sangat dipengaruhi oleh Media Sosial. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengambilan data dengan cara wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peran-peran media sosial terhadap partisipasi anak muda dalam perkembangan politik di Indonesia, juga pengaruh media sosial terhadap pemilu 2024. Penelitian berikutnya dapat memperluas cakupan pengambilan data tidak hanya dilingkungan sekitar tetapi dalam cakupan lingkungan yang lebih besar. Hasil dari penelitian ini adalah Media sosial sangat berpengaruh  terhadap tingkat partisipasi pemilu baik secara langsung maupu tidak langsung. Secara umum, sosial media menjadi tempat yang berskala luas untuk mengajak mesyarakat untuk menilai seberapa layak calon-calon dalam pemilu untuk dipilih, jadi sebelum kampanye pun, kita sebagai pemilih bisa mengukur siapa yang akan kita pilih nantinya merupakan salah satu dampak positif media sosial.

References

Tosepu, Ahmad, Yusrin.(2018). Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik I Dunia Virtual. Surabaya:Jakad Publishing

Alyusi, Dyan.(2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Moral Sosial. Jakarta:Kencana

Gustrinanda, R. (2023). Pengaruh Berita Hoax Terhadap Kepercayaan Masyarakat Dalam Pemilu di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Ilmu. 2(1)

Ain, Q., Sari, A., & Candrasari, Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Informasi Politik Generasi Z. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 568–578. https://doi.org/10.5281/zenodo.10081522

Ardha, B. (2014). Ardha: Social Media sebagai media kampanye partai SOCIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PARTAI POLITIK 2014 DI INDONESIA. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 105–120. http://oreilly.com/web2/archive/

Beta, A. R., Syobah, S. N., Tahir, M., Syahab, A., & Amin, A. (2022). Literasi Digital pada Remaja dalam Upaya Menangkal Informasi Hoax Jelang Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 17–22. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i6.388

Darip, M., Permana, B. R. S., & Fatullah, F. (2023). Literasi Digital Untuk Antisipasi Hoaks Menjelang Pemilu 2024 Dengan Pendekatan the Big Six Model. Seminar Umum Pengabdian Kepada Masyarakat SEUMPAMA, 1(1), 196–203.

Dedikasi Madani, J., Aman, yang, dan Bermartabat, D., Dengan Hati, B., Dengan Benci, B., Muslim, A., & Hakim, L. (2023). Sosialisasi stop hoax dalam mewujudkan pemilu 2024. Jurnal Dedikasi Mandalika Bulan Juli, 2(1), 60–65. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jdm/index

Dila Novita, A. F. (2020). Peningkatan Partisipasi Pemilih Milenial: Strategi Komunikasi Dan Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Pada Pemilu 201. Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa Dan Budaya, 7(2), 56–84. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/2182%0Ahttps://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/download/2182/1744

Fahlevi, R., & Idris, L. O. M. (2022). Kampanye Capres dan Cawapres pada Pemilu 2019: Efektivitas Penggunaan Buzzer di Media Sosial. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1), 1–26. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM/article/view/6544

Fatanti, M. N. (2014). Twitter dan Masa Depan Politik Indonesia: Analisis Perkembangan Komunikasi Politik Lokal Melalui Internet. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 16(1), 17. https://doi.org/10.33164/iptekkom.16.1.2014.17-30

Gustrinanda, R., & Tanjung, T. (2023). Pengaruh Berita Hoax Terhadap Kepercayaan Masyarakat Dalam Pemilu di Indonesia. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 158–163.

JATMIKO, M. I. (2019). Post-Truth, Media Sosial, Dan Misinformasi: Pergolakan Wacana Politik Pemilihan Presiden Indonesia Tahun 2019. Jurnal Dakwah Tabligh, 20(1), 21. https://doi.org/10.24252/jdt.v20i1.9529

Kurnia Arofah. (2015). Youtube Sebagai Media Klarifikasi dan Pernyataan Tokoh Politik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 111–123.

Oktama Andriyendi, D., & Fitria Dewi, S. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada. Journal of Education, Cultural and Politics, 101(1), 2798–6020.

Prasetia, A. R. (2019). Pengaruh Politik Identitas Melalui Media Sosial Terhadap Generasi Milenial Dan Pelaksanaan Pemilu. Conference on Communication and New Media Studies, 21–33.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Salman Farid, A. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Kampanye Politik Dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Politik Dan Persepsi Publik. QAULAN: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 45–50.

Siagian, H. F. (2015). Pengaruh dan Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Politik Dalam Membentuk Opini Publik. Al-Khitabah, 11, 17–26.

Suratno, S., Irwansyah, I., Ernungtyas, N. F., Prisanto, G. F., & Hasna, S. (2020). Pemanfataan Media Sosial Facebook Sebagai Strategi Komunikasi Politik. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 89. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1552

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Suntra Yanti, Ilham Hudi, Tary Asmawati, Amelia Putri, Widya Pira Astuti, Rahmi Hilatul Hayat, M. Zikri Aryandi, & Zulpardi. (2024). ANALISIS PERAN DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMILU 2024. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1). Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/50

Issue

Section

Articles