ANALISIS PENTINGNYA PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA
Abstract
Di era digital, pemilih pemula harus memiliki dasar ilmu politik yang kuat untuk mengevaluasi informasi politik, visi-misi, dan program-program peserta pemilu. Metode dan tujuan penelitian ini, diharapkan memberikan kontribusi pemahaman terhadap pentingnya pendidikan politik bagi pemilih pemula, penelitian yang digunakan dengan cara kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan wawancara. Dari hasil penelitian ini, realitasnya ditemukan, Pendidikan politik memiliki peran sentral dalam membentuk pemilih pemula menjadi individu yang kritis dan partisipatif dalam proses politik. Pemilih pemula yang kritis ditandai dengan pemahaman mendalam terhadap isu-isu politik, keterampilan pemikiran kritis, kemampuan memilah informasi dari berbagai sumber, dan ketahanan terhadap retorika politik manipulatif.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Azirah. (2019). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pesta Demokrasi. Politica Vol. 6, No. 2,. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/politica/article/view/2735
Budiarjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Firmansyah, J., & Kariyani, L. N. (2021). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sumbawa Tahun 2020. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) Vol. 5, No. 4, November. Retrieved from https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2534/2064
Handoyo, E., & Lestari, P. (2017). Pendidikan Politik. Yogyakarta: Peneribit Pohon Cahaya.
Januarti, N. E. (2016). Partisipasi Dan Orientasi Pemilih Pemula Memilih Calon Anggota Legislatif. JIPSINDO, No. 2, Volume 3. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/11698
Mahyudin, Reni, A., Darni, & Hasimin. (2022). Sosialisasi Pentingnya Partisipasi Pemilih Pemula. HUMANISM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1. Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN/article/view/12302
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurazizah, N. (2022, Juni). Strategi Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula. Retrieved from Website KPU Provinsi Banten: https://banten.kpu.go.id/berita/baca/7888/strategi-meningkatkan-partisipasi-pemilih-pemula
Prayitno, R. B., Prayugo, A., Setianingsih, S., Kusuma, G. W., Khair, O. I., Firmansyah, J. P., & Pramono, W. (2023). Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Menghadapi Pemilu 2024 Di SMAN 1 Cisarua Desa Leuwimalang Kabupaten Bogor. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol.1, No.2, April. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/38/26
Rusadi, K. (2004). Sistem Politik Indonesia, Suatu Model Pengantar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Vol.10, No. 1,. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/8407/9060
Wiratma, s. I. (pada 22 Januari 2024.). Direktur Eksekutif Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI).
Wawancara Efriza (Pengamat Politik Citra Institute) di Rupol.co pada 12 Januari 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Efriza, Definitif Endrina Kartini Mendrofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.