ANALISIS EFEK INFLASI, SUKU BUNGA, DAN BAGI HASIL TERHADAP PERMINTAAN UANG

Authors

  • Anggi Nufita Sari Universitas Trunojoyo Madura,Madura,Indonesia
  • Maftukhatul Faziani Universitas Trunojoyo Madura,Madura,Indonesia
  • Ratna Oktaviana Rizky Universitas Trunojoyo Madura,Madura,Indonesia
  • Fendy Julianto Universitas Trunojoyo Madura,Madura,Indonesia

Abstract

Kebijakan moneter membentuk permintaan uang, perubahan dalam permintaan uang memiliki dampak besar pada perekonomian karena peningkatan permintaan uang dapat menyebabkan peningkatan permintaan untuk barang dan jasa yang pada gilirannya dapat menyebabkan kenaikan harga barang dan jasa. Studi digunakan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimanakah inflasi,suku bunga,dan bagi hasil mempengaruhi permintaan uang.Tinjauan literatur atau tinjauan pustaka dari Google Scholar, serta informasi dari lokasi web resmi Badan Pusat Statistik (BPS) dan data sekunder dalam penelitian ini adalah (bi rate) bank indonesia .Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini termasuk Microsoft excel 2016 dan program statistik SPSS versi 23 menggunakan data regresi linier berganda. Tujuan dari instrumen analisis ini dimaksudkan untuk menentukan dampak dari masing-masing variabel individu. Peningkatan atau penurunan suku bunga,inflasi,dan bagi hasil tidak mempengaruhi permintaan uang.

References

Agustina Hulu. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PADA UKM NASI GORENG OM.SON DI PEKANBARU.

Anita, J., Aziz, N., & Yunus, M. (2013). PENGARUH PENEMPATAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA DAN MOBILITAS PENDUDUK ACEH. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 11(1), 67.

Ekp, G., Pembangunan, E., Manik, N. Y., Rohima, S., & Igamo, A. M. (2023). Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia PENGARUH E-MONEY, GDP DAN INFLASI TERHADAP PERMINTAAN UANG KARTAL Hamira 4. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Indonesia, 10(2).

Fhadil Dwi Ivanof, M. K. siwi. (2022). Pengaruh Pendapatan Domestik Bruto, Suku Bunga Dan Indeks Harga Konsumen Terhadap Permintaan Uang Di Indonesia. Jurnal Salingka Nagari, 01(2), 302–314.

Haniah, N. (2013). Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors. http://statistikapendidikan.com

hilmi, at all. (2022). Pengaruh jumlah penduduk dan pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di kabupaten tolitoli. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1).

Marwan Efendy, at all. (2009). pengaruh struktur modal terhadap resiko keuangan perusahaan. http://www.idx.co.id.

Muhammad, S., & Masbar, R. (2019). ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG DI INDONESIA.

Nur sa’idatur rohmah. (2018). permintaan uang irving. Adilla:Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1).

Nurhayati. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI YOGYAKARTA. IV(2).

Putri, R., & Alinda, N. (2016). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA BANK DAN NISBAH BAGI HASIL PADA DEPOSITO MUDHARABAH Akmad Riduwan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Safitri, A., Militina, T., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, F. (2018). Pengaruh pendapatan perkapita dan suku bunga tabungan serta inflasi terhadap permintaan uang di indonesia. FORUM EKONOMI, 20(2), 55–63. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Siwi Nur Indriyani. (2016). ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2005 – 2015. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana , 04(2).

Tamarindang, B., Mananeke, L., & Pandowo, M. (2017). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK BNI CABANG MANADO EFFECT OF STYLES OF LEADERSHIP, MOTIVATION AND DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE IN BANK BNI BRANCH MANADO. Pengaruh Gaya Kepemimpinan……… 1599 Jurnal EMBA, 5(2), 1599–1606.

umar bakti. (2018). pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap investasi di provinsi lampung periode 1980-2015. Ekonomi, 2D(3).

Yahya, M., & Edy Yusuf Agunggunanto, dan. (2011). TEORI BAGI HASIL (PROFIT AND LOSS SHARING) DAN PERBBANKAN SYARIAH DALAM EKONOMI SYARIAH.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Anggi Nufita Sari, Maftukhatul Faziani, Ratna Oktaviana Rizky, & Fendy Julianto. (2024). ANALISIS EFEK INFLASI, SUKU BUNGA, DAN BAGI HASIL TERHADAP PERMINTAAN UANG. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1). Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/94

Issue

Section

Articles