STRATEGI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA MEDAN ESTATE KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Putri Arpani Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Lumongga Sianipar Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Fransisco Sihaloho Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Julia Ivanna Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya strategi kampanye dalam pemilihan kepala desa untuk kesuksesan kandidat di Desa Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kampanye yang efektif dalam pemilihan kepala desa, menyoroti pentingnya transparansi dalam distribusi sembako, dan memahami peran pemilihan kepala desa yang demokratis dalam menciptakan pemerintahan desa yang efektif dan berintegritas. Metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandidat yang unggul terfokus pada interaksi langsung dengan masyarakat, pemanfaatan sumber daya desa, dan inklusivitas, sementara kandidat yang gagal cenderung mengandalkan pendekatan emosional dan sosial serta distribusi sembako. Kesimpulan dalam, penelitian ini menegaskan bahwa strategi kampanye yang berorientasi pada interaksi langsung dan pemanfaatan sumber daya desa, serta transparansi dalam distribusi sembako, merupakan kunci kesuksesan dalam pemilihan kepala desa. Pemilihan kepala desa yang demokratis dan transparan sangat penting untuk memastikan terpilihnya pemimpin yang memiliki integritas, kemampuan, dan visi yang jelas, serta untuk menciptakan pemerintahan desa yang efektif dan berintegritas.

References

Arumsari, N., Septina, W. E., Luthfi, M., & Rizki, N. K. A. (2017). Komunikasi politik kepala desa dalam mendorong inovasi pembangunan desa: Studi kasus tiga desa di lereng gunung Ungaran, Jawa Tengah. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 2(1), 86-99.

De Bruycker, I., & Rooduijn, M. (2021). The people’s champions? Populist communication as a contextually dependent political strategy. Journalism & Mass Communication Quarterly, 98(3), 896-922.

Eko, S., & Pintar, B. (2014). Kedudukan dan kewenangan desa. Yogyakarta: Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD).

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Sulistiowati, R. (2018). Strategi Pemenangan Kandidat Kepala Desa (Studi Kasus Kemenangan Polisi dalam Pemilihan Kepala Desa 2015 di Desa Kebasen Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas). Unnes Political Science Journal, 2(1), 39-49.

Tatchou Nounkeu, C. (2020). Political communication strategies of sub-Saharan Africa nationalist movements in the era of (de) colonization: The case of the UPC in Cameroon (1948–56). Journal of African Media Studies, 12(2), 123-136.

Tilome, A. A., Andi Agustang, A. A., Jasruddin, J., Syukur, M., & ASRIFAN, A. (2020). Social Exchange of Political Elites in the Regional Leader Election of Gorontalo Province, Indonesia. Journal Solid State Technology, 63(5), 521-531.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Putri Arpani, Lumongga Sianipar, Fransisco Sihaloho, & Julia Ivanna. (2024). STRATEGI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA MEDAN ESTATE KABUPATEN DELI SERDANG. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1). Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/97

Issue

Section

Articles