https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/issue/feed Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Publik 2024-10-12T06:31:12+00:00 Rusli kybernology.ip.ap@gmail.com Open Journal Systems <div style="text-align: justify;"> <table style="font-size: 0.875rem; height: 428px;" width="651"> <tbody> <tr style="height: 209px;"> <td style="height: 209px; width: 828px;"> <p><strong>Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Publik</strong> adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian atau kajian literatur yang berkualitas dalam aspek Ilmu Administrasi Publik, Kebijakan Pemerintahan, Manejemen Pemerintahan, Birokrasi Pemerintah, Politik Pemerintahan, Kepemimpinan Pemerintahan, Ekonomi Pemerintah, Hukum Tata Pemerintah, E-Government, Pengawasan Pemerintahan, Tata Kelola Pemerintahan, Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Pusat dan Daerah, Pembangunan Desa, Perencanaan Pemerintah, serta tidak terbatas secara implisit. Semua publikasi di Journal Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Publik bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. Jurnal ini ber <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231113201543033">E-ISSN 3031-1063</a> diterbitkan dan dikelola secara profesional oleh Yayasan Panca Bakti Wiyata Pangandaran Yaitu organisasi berbadan hukum sesuai surat keputusan MENKUMHAM RI : AHU -0003089.AH.01.12. TAHUN 2015 dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Publik menerbitkan artikel secara berkala dua kali dalam setahun yaitu pada bulan dan Juni dan Desember. Jurnal ini menerima manuskrip hasil penelitian/riset dan hasil kajian literatur (literatur review). Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas dan sebagai sumber referensi</p> </td> <td style="height: 209px; width: 34px;"> </td> </tr> </tbody> </table> </div> https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/134 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA MOTOLOHU KECAMATAN RANDANGAN 2024-08-29T07:30:13+00:00 Anisa Tui anisatui805@gmail.com <p><em>This study aims to find out whether organizational culture affects the quality of public services at the Motolohu Village Office, Randangan District and to find out how much organizational culture influences the quality of public services at the Motolohu Village Office, Randangan District. The research methods used in this study are quantitative approach methods, data collection techniques obtained from observations and questionnaires (questionnaires) with a sample of 80 people, data analysis techniques using descriptive analysis, simple linear regression and determination coefficient tests. The results of the study obtained from this study show that organizational culture has a positive effect on the quality of public services at the Motolohu Village Office, Randangan District by 40.4% and the remaining 59.6% is influenced by other variables that are not studied in this study</em>.</p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Anisa Tui https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/132 KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR POS LUWUK 2024-08-29T02:54:01+00:00 Annesha Fahira Dwi Putri anneshafahira3@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui bagaimana kualitas pada kantor pos luwuk dilihat dari lima aspek (a) berwujud (<em>tangible)</em>, (b) empati (<em>empaty)</em>, (c) cepat tanggap (<em>responsiveness)</em>, (d) keandalan (<em>reliability</em>), (e) kepastian <em>(assurance</em>). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang digunakan, diperoleh kesimpulan bahwa Kualitas Pelayanan Publik pada kantor pos luwuk dilihat dari lima aspek (a) berwujud (<em>tangible)</em>, (b) empati <em>(empaty</em>), (c) cepat tanggap (<em>responsiveness)</em>, (d) keandalan (r<em>eliability</em>), (e) kepastian (<em>assurance</em>). sudah menunjang kualitas pelayanan dengan baik dan memberikan kepuasan kepada pengguna layanan yaitu masyarakat, akan tetapi belum maksimal karena ada beberapa indikator yang memiliki kekurangan yaitu dalam segi fasilitias fisik, perlu adanya penambahan tempat duduk, antrian yang masih manual bisa ditingkatkan menjadi berbasis digital, dan penambahan pendingin ruangan (<em>AC</em>).</p> <p> </p> <p><strong> </strong></p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Annesha Fahira Dwi Putri https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/130 PENGEMBANGAN MODEL KEBIJAKAN MANASIK HAJI GO GREEN DI KEMENTERIAN AGAMA JAWA TENGAH 2024-08-28T07:26:42+00:00 Doni Aldise Harahap fikri.1201@gmail.com Suparno Suparno@gmil.com Karmanis Karmanis@gmail.com Tri Lestari Hadiati Trilestarihadiati@gmail.com <p><em>Penyelenggaraan haji merupakan kegiatan yang mendapatkan pemantauan dari masyarakat sehingga setiap tahun dilakukan evaluasi dengan membuat Indeks Kepuasan Masyarakat. </em><em>Pada indeks tersebut prestasi Kementerian Agama dalam penyelenggaraan haji selalu meningkat. Namun penyelenggaraan haji belum memperhitungkan dampak lingkungan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan model manasik haji go green di Kementerian Agama Jawa Tengah dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penhambat kebijakan manasik haji go green pada Kementerian Agama Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R and D dalam hal pengembangan model manasik haji berbasis go green dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran jamaah haji mengenai kepedulian lingkungan dan sampah. Hasil penelitian: 1) manasik haji merupakan salah satu kegiatan pada rangkaian penyelenggaraan ibadah haji, kelemahan dalam manasik haji konvensional adalah tidak adanya pengetahuan mengenai go green sehingga berdampak pada perilaku jamaah haji yang tidak mempunyai kepedulian terhadap sampah; 2) untuk menindaklanjuti kelemahan manasik haji maka materi manasik haji perlu dilengkapi dengan pengetahuan go green, sampah dan perilaku peduli lingkungan dengan menggunakan tahapan pembangunan perilaku baik melalui pengetahuan, pemahaman, aktivitas, penyadaran dan implementasi sikap; 3) faktor pendukung implementasi manasik haji go green adalah adanya masalah sampah, dukungan dari Kementerian Agama, sumber daya manusia yakni narasumber manasik haji, anggaran, dukungan stakeholder dan faktor penghambat adalah sikap menolak perubahan dan struktur birokrasi. Kesimpulan: implementasi manasik haji go green merupakan kebijakan publik yang dilakukan untuk membangun karakter jamaah haji sehingga mempunyai kepedulian terhadap sampah dan lingkungan.</em></p> Copyright (c) 2024 https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/149 IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PAJAK BUMI BANGUNAN PEDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KECAMATAN TILANGO KABUPATEN GORONTALO 2024-09-27T03:47:37+00:00 Nur Oktaviani Razak razakn401@gmail.com Zuchri Abdussamad zucriabdussamad@ung.ac.id Romy Tantu romitantu@ung.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui implementasi kebijakan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.</em> <em>Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi adalah semua langkah yang diperlukan untuk menerapkan kebijakan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Mayoritas telah dilakukan, tetapi tidak sepenuhnya. Pada tahap perencanaan belum efektif untuk mencapai target realisasi penerimaan tahunan. Pada tahap pelaksanaan belum optimal dalam hal penerimaan realisasi yang belum memenuhi target capaian sebagaimana yang telah direncanankan dalam rencana tahunan. Setelah rapat dilakukan, tahap monitoring dan evaluasi belum menunjukkan kesesuaian antara hasil pelaksanaan dan target perencanaan.</em></p> Copyright (c) 2024 https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/136 PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA KAIDUNDU KECAMATAN BULAWA KABUPATEN BONE BOLANGO 2024-09-03T07:47:12+00:00 Rahmadayanti Mamonto rahmamamonto02@gmail.com <p>The Effect of Work Motivation on the Performance of Kaidundu Village Apparatus, Bulawa District, Bone Bolango Regency. S1 Public Administration Study Program, Department of Public Administration, Faculty of Social Sciences, Gorontalo State University. Supervisor I Ismet Sulila, , and Supervisor II Yacob Noho Nani, This study aims to determine the Influence of Work Motivation on the Performance of Kaidundu Village Apparatus, Bulawa District, Bone Bolango Regency. The sample in this study is 12 people consisting of 12 employees. The research method used is quantitative. The type of data in this study is primary. The data collection technique is by distributing questionnaires. The data analysis technique uses simple linear regression. The results of the analysis showed that the t-count for the work motivation variable was 2.659. Meanwhile, the t-table value of the significant level is 5% and the free degree n-k or 12-2=10 is 2.228. If the two t-values are compared, then the t-calculated value is greater than the t-table (2.659&gt;2.228). Thus, the hypothesis that there is an influence of work motivation on the performance of village apparatus is accepted. Therefore, it can be concluded that at the level of 95% that work motivation has a positive and significant effect on the performance of the Kaidundu Village Apparatus, Bulawa District, Bone Bolango Regency.</p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rahmadayanti Mamonto https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/133 TATA KELOLA ARSIP DINAMIS DI KANTOR CAMAT BULAWA KABUPATEN BONE BOLANGO 2024-08-29T07:30:08+00:00 Nurmin Nurmin nurminumi644@gmail.com <p>This research is to find out the Governance of Dynamic Archives at the Bulawa Sub-district Office, Bone Bolango Regency Viewed from: Archive Creation, Archive Use, Archive Maintenance, Archive Shrinkage, Archive Destruction. This research method is a descriptive research using a qualitative approach. Data collection techniques are carried out by observation, interviews and documentation. Data analysis techniques for data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawn. The results of the study show that in Dynamic Archive Governance at the Bulawa Sub-district Office, in general, the implementation of the dynamic archive management process has been carried out well but is not optimal. Judging from the stages: The creation of dynamic archives which includes incoming and outgoing letters, has been running properly, the inefficient use of archives because the search for archives takes a long time and the borrowing of archives does not use control cards and does not use SOPs, archive maintenance is carried out by cleaning archives from dust and dirt, but lack of awareness of employees in archive maintenance, It is also seen from the employees who have never participated in training on archivists, therefore the employees do not understand how to manage the archives, especially in the maintenance of archives, the shrinkage of archives which is carried out every year, but in this shrinkage process does not use the archive retention schedule, only using estimates, the destruction of archives is carried out by the burning method. However, in the destruction of this archive, it has not followed the stages in the destruction of archives or standard operational procedures. Archive management is still hampered due to the lack of employee knowledge about archives, so archive management is not optimal.</p> <p> </p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nurmin Nurmin https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/131 STRATEGI KEBIJAKAN PENGUATAN PELAYANAN PUBLIK DAN PENGAWASAN PERIZINAN BERUSAHA DENGAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI 2024-09-05T01:41:06+00:00 Desi Julianti deshifa78@gmail.com <p><em>Dalam era digitalisasi yang semakin pesat, penguatan pelayanan publik dan pengawasan perizinan usaha menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pemerintahan Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kebijakan yang dapat diterapkan untuk memperkuat pelayanan publik melalui penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi. Dengan fokus pada aplikasi ︎OSS RBA dan SI CANTIK CLOUD, penelitian ini mengeksplorasi tantangan yang dihadapi, seperti kesalahan cetak, lamanya waktu pelayanan, dan kurangnya pemahaman pemohon terhadap alur proses. Melalui pendekatan evaluatif, penelitian ini merekomendasikan langkah-langkah perbaikan yang meliputi pengembangan sistem yang lebih andal, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta penerapan langkah-langkah keamanan siber yang tepat. Diharapkan, dengan implementasi strategi kebijakan yang efektif, pelayanan publik dapat ditingkatkan, dan pengawasan perizinan usaha dapat dilakukan secara lebih transparan dan akuntabel, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di daerah.</em></p> Copyright (c) 2024 https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/151 PENGARUH PENERAPAN TUNJANGAN TAMBAHAN PENGHASILAN PEGAWAI (TPP) TERHADAP SEMANGAT KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI GORONTALO 2024-10-12T06:31:12+00:00 Meutia Esania Talib meutiaesania99@gmail.com Udin Hamim udin@gmail.com Juriko Abdussamad Jurikoabdussamad@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Tambahan Penghasilan Pegawai terhadap Semangat Kerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan </em><em>observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana dan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa Semangat Kerja di Badan Kepegawaian variabel Tambahan Penghasilan Pegawai berpengaruh positif&nbsp; terhadap variabel Daerah Provinsi Gorontalo. Dalam uji koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa variabel tambahan penghasilan pegawai memiliki pengaruh sebesar 73,2% terhadap variabel semangat kerja.</em></p> 2024-10-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Meutia Esania Talib, Udin Hamim, Juriko Abdussamad https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/127 PERAN BAGIAN ADMINISTRASI DALAM MENUNJANG KINERJA BALAI PENGELOLA SUMBER DAYA AIR PULAU LOMBOK 2024-08-22T08:02:59+00:00 Nafillah nafillahnafillah@gmail.com Rahmat Hidayat Rahmathidayat@gmail.com <p><em>Penelitian ini membahas tentang peran bagian administrasi dalam menunjang kinerja balai psda pulau lombok. Bagian administrasi pada Balai Pengelola Sumber Daya Air Pulau Lombok merupakan salah satu unit yang bergerak pada bidang pelayanan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bagian administrasi dalam menunjang kinerja balai psda pulau lombok, hambatan apa yang di alami serta solusi untuk penyelesaian masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian administrasi sangat berperan penting dalam menunjang kinerja Balai PSDA Pulau Lombok. Dengan adanya administrasi yang baik pekerjaan kantor menjadi lebih rapi dan terorganisir dengan baik. Namun kurangnya ASN dan terjadinya bencana alam menjadi hambatan dalam pelaksanaan operasional kantor sehingga diperlukan pengangkatan tenaga non ASN dan penggunaan teknologi ramah lingkungan guna menanggulangi masalah tersebut.</em></p> Copyright (c) 2024 https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/138 IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA BONE BOLANGO (STUDI KASUS PADA WISATA HIU PAUS BOTUBARANI) 2024-09-12T14:27:22+00:00 Fauzia P. Pratiwi Yakobus yakobusfauzia@gmail.com Yanti Aneta yantianeta@ung.ac.id Yacob Noho Nani yacobnani@ung.ac.id <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana kebijakan pengembangan pariwisata Bone Bolango, khususnya di wisata hiu paus Botubarani, dilaksanakan dan faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Analisis data dilakukan menggunakan model Huberman. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan kebijakan pariwisata Bone Bolangi untuk hiu paus Botubarani. Penelitian ini melihat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan sub fokus dari penelitian ini adalah faktor penentu keberhasilan implementasi kebijakan pengembangan pariwisata Bone Bolango khususnya di wisata hiu paus Botubarani dilihat dari aspek kemampuan organisasi, aspek informasi, aspek dukungan, dan aspek pembagian potensi. evaluasi </em><em>Hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi kebijakan pengembangan pariwisata Bone Bolango khususnya di wisata hiu paus Botubarani sudah berjalan dengan baik dilihat dari perencanaanya yang telah disusun dalam RIPPDA No. 2 Tahun 2013 namun pemerintah sebaiknya </em><em>merencanakan penambahan daya tarik di wisata hiu paus Botubarani</em><em>. Pekerjaan telah dilakukan sesuai dengan rencana, tetapi pemerintah daerah lebih fokus pada fasilitas yang ada di wisata hiu paus Botubarani, dan evaluasi dilakukan setiap enam bulan. Namun, kendala yang terdapat pada faktor informasi dimana masih belum terdapat bangunan khusus pemberian informasi yaitu Tourism Information Center (TIC) dan pada pembagian potensi </em><em>masyarakat belum dapat memanfaatkan potensi-potensi yang ada diwisata ini, seperti membuat usaha kuliner seafood mengingat wisata ini adalah wisata bahari/Laut.</em></p> 2024-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fauzia P. Pratiwi Yakobus, Yanti Aneta, Yacob Noho Nani