STRATEGI KEBIJAKAN PENGUATAN PELAYANAN PUBLIK DAN PENGAWASAN PERIZINAN BERUSAHA DENGAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Authors

  • Desi Julianti Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kota Lhokseumawe, Indonesia

Keywords:

Pelayanan Publik, Pengawasan Perizinan, Teknologi Informasi, Sicantik, dan Digitalisasi.

Abstract

Dalam era digitalisasi yang semakin pesat, penguatan pelayanan publik dan pengawasan perizinan usaha menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pemerintahan Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kebijakan yang dapat diterapkan untuk memperkuat pelayanan publik melalui penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi. Dengan fokus pada aplikasi ︎OSS RBA dan SI CANTIK CLOUD, penelitian ini mengeksplorasi tantangan yang dihadapi, seperti kesalahan cetak, lamanya waktu pelayanan, dan kurangnya pemahaman pemohon terhadap alur proses. Melalui pendekatan evaluatif, penelitian ini merekomendasikan langkah-langkah perbaikan yang meliputi pengembangan sistem yang lebih andal, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta penerapan langkah-langkah keamanan siber yang tepat. Diharapkan, dengan implementasi strategi kebijakan yang efektif, pelayanan publik dapat ditingkatkan, dan pengawasan perizinan usaha dapat dilakukan secara lebih transparan dan akuntabel, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di daerah.

References

Ahmad, M. S., & Rahman, A. (2022). Public Service Innovation Population Administration Service System in Inland and Border Areas North Kalimantan (SIPELANDUKILAT). KnE Social Sciences, 2022, 33–48. https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.10926

Andalisto, D., Saragih, Y., & Ibrahim. (2022). Analisis Kualitatif Teknologi 5G Pengganti 4G di Indonesia. Jurnal Edukasi Elektro, 06(1), 01–09.

Arifai, M, et al. (2024). Pemodelan Instrument Tools Sebagai Penilaian Kinerja Politeknik Negeri Lhokseumawe Untuk Menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol.7 No.1

Aswin, & Sofyan, M. M. (2022). Dinamika Pelaksanaan Electronic Governance Pemerintahan Kota Lhokseumawe Daerah Di Indonesia. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 13(1), 68.

Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri. (2022). Pedoman Umum Penilaian dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award & Penjelasan Teknis Indikator Indeks Inovasi Daerah. Kementerian Dalam Negeri, 1.

Bahtiar, R., Myrna, R., & Susanti, E. (2021). Digital Government Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi SAMSAT Mobile Jawa Barat (SAMBARA) di Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 232.

Bilyastuti, M. P. (2019). Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ponorogo Dengan SIJITU (Sistem Informasi Perizinan Terpadu). Reformasi, 9(1).

Biro Humas Kementerian Kominfo. (2022, April 14). Terapkan Strategi Inklusif, Kominfo Dorong Kolaborasi untuk Percepat Transformasi Digital. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Castro, C., & Lopes, C. (2022). Digital Government and Sustainable Development. Journal of Knowledge Economy.

El-Haq, I. M. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Birokrasi Publik di Kantor Desa Kebonagung. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(04).

Engkus, Trisakti, F., Hidayat, A., Suparman, N., & Ludianingsih, U. (2019). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Berbasis Radio Frequency Identification (RFId). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 34.

Engvall, T., & Flak, L. S. (2022). Digital Governance as a Scientific Concept. In Y. Charalabidis, U. of the Aegean, & G. Samos (Eds.), Scientific Foundations of Digital Governance and Transformation concepts, approaches and challenges (p. 25). Springer.

Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan Revolusi Industri 4.0: Mencegah Smart ASN Menjadi Mitos dalam Agenda Reformasi Birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3).

Firdausijah, R. T., & Priatna, A. (2020). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 116.

Gati, R. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Di DPMPTSP Kota Bandung. Journal If Business Administration Economic & Entrepreneurship, 4(1).

Hayat. (2020). Paradigma Good Governance Menuju Shared Governance Melalui Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora), 8(1).

Islami, M. J. (2021). Implementasi Satu Data Indonesia: Tantangan dan Critical Success Factors (CSFs). Jurnal Komunika, 10(1).

Juliarso, A. (2019). Analisis Implementasi e-Government Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Kota Lhokseumawe Daerah Kabupaten Ciamis. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 21.

Koran Sindo. (2017, November 7). Sipeka Jadi Solusi Banten Gaet Investor. Sindo News.Com. https://daerah.sindonews.com/berita/1255322/174/sipeka-jadi-solusi-banten-gaet-investor

Lestari, N. W. N. D. (2019). PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen Ubud, 8(11), 6700–6720.

Mahmud, T. A. (2020). Implementation of E-Government Policy in Banten Province. 1st International Multidisciplinary Conference on Education, Technology, and Engineering (IMCETE 2019).

Downloads

Published

How to Cite

, D. J. STRATEGI KEBIJAKAN PENGUATAN PELAYANAN PUBLIK DAN PENGAWASAN PERIZINAN BERUSAHA DENGAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(2), 324–363. Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/131