PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA MOTOLOHU KECAMATAN RANDANGAN

Authors

  • Anisa Tui Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Arifin Tahir Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Rusli Isa Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Keywords: Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Motolohu, Kecamatan Randangan, serta untuk mengukur seberapa besar kontribusi budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran kuesioner (angket) dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis deskriptif, regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memberikan pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Motolohu, dengan proporsi pengaruh sebesar 40,4%. Sementara itu, sisa 59,6% dari kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Aneta, Y., Isa, R., Usulu, E., M., Gobel, L., V., (2024). Budaya dan Perilaku Birokrasi Menyelami Dimensi-Dimensi Organisasi Publik. Medan:PT Media Penerbit Indonesia.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan-Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media, 250

Hendrayady, A., Sari, A. R., Mustanir, A., Amane, A. P., Isa, R., Agusman, Y., & Arief, M. H. (2023). Manajemen Pelayanan Publik. Pertama. Edited by DP Sari. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Isa, R., Aneta, A., Ilato, R., Aneta, Y. (2022). Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi Dan Perilaku Wirausaha Terhadap Kinerja Bumdes Di Kabupaten Gorontalo. Disertasi, 1(7602141010).

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada: Depok

Mufidahyatul, M., & Shohib, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan di Koperasi BMT Al-Ikhlash Lumajang. Tanwirul Uqul-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 40-51.

Mulyadi, D., Afandi, M. N., & Gedeona, H. T. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alafbeta

Nashar. (2020). Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Duta Media Publishing

Tahir, A. 2014. Perilaku Organisasi (Edisi 1). Yogyakarta: CV Budi Utama

UU No. 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Negara

UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

, A. T., Arifin Tahir, & Rusli Isa. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA MOTOLOHU KECAMATAN RANDANGAN. Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(2), 480–490. Retrieved from https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/kybernology/article/view/134