PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA MOTOLOHU KECAMATAN RANDANGAN
Keywords:
Keywords: Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan PublikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Motolohu, Kecamatan Randangan, serta untuk mengukur seberapa besar kontribusi budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran kuesioner (angket) dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis deskriptif, regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memberikan pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Motolohu, dengan proporsi pengaruh sebesar 40,4%. Sementara itu, sisa 59,6% dari kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Aneta, Y., Isa, R., Usulu, E., M., Gobel, L., V., (2024). Budaya dan Perilaku Birokrasi Menyelami Dimensi-Dimensi Organisasi Publik. Medan:PT Media Penerbit Indonesia.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan-Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media, 250
Hendrayady, A., Sari, A. R., Mustanir, A., Amane, A. P., Isa, R., Agusman, Y., & Arief, M. H. (2023). Manajemen Pelayanan Publik. Pertama. Edited by DP Sari. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Isa, R., Aneta, A., Ilato, R., Aneta, Y. (2022). Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi Dan Perilaku Wirausaha Terhadap Kinerja Bumdes Di Kabupaten Gorontalo. Disertasi, 1(7602141010).
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada: Depok
Mufidahyatul, M., & Shohib, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan di Koperasi BMT Al-Ikhlash Lumajang. Tanwirul Uqul-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 40-51.
Mulyadi, D., Afandi, M. N., & Gedeona, H. T. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alafbeta
Nashar. (2020). Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Duta Media Publishing
Tahir, A. 2014. Perilaku Organisasi (Edisi 1). Yogyakarta: CV Budi Utama
UU No. 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Negara
UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.