PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MADRASAH DAN TPA ALI ADAM COPER PONOROGO

Penulis

  • Johan Wahyu Tri Astuti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo, Indonesia
  • Fibrian Miftahus Sa’adah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo, Indonesia

Kata Kunci:

Principal Leadership, Productivity, Teacher Work

Abstrak

Kepala madrasah merupakan seorang pemimpin pada lembaga pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan produktivitas kerja guru, karena jika produktivitas guru tidak diperhatikan maka akan berdampak pada menurunnya kualitas pengajaran dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peran kepala madrasah dalam menumbuhkan produktivitas kerja guru di madrasah dan TPA Ali Adam Coper Ponorogo, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, untuk pengumpulan data utama menggunakan in-depth interview melalui pedoman wawancara semi terstruktur kepada kepala dan guru madrasah dan TPA Ali Adam Coper,  Model analaisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman dengan melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, peran kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru melalui model kepemiminan momong, among, dan ngemong, sehingga guru di madrasah dan TPA Ali Adam termotivasi untuk mengikuti berbagai kegiatan dan pelatihan baik di dalam maupun di luar madrasah yang dapat menunjang produktivitas kerja guru. Hal ini merupakan investasi yang berharga bagi pengembangan profesional guru, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan siswa dan orang tua siswa.

Referensi

Anton Athoillah. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Pustaka Setia.

E. Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Madrasah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.

Edy Sutrisno. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Hasbi, M. (2022). Kinerja Guru dan Problematikanya (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara). Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1–5.

Hasdiana, U. (2018). Title. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).

Irawan. (2022). Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Melalui Supervisi Akademik. Pedagogik : Jurnal Pendidikan, 17(2), 89–99.

Jejen Musfah. (2017). Manajemen Pendidikan, Teori Kebijakan, dan Praktik. Kencana.

Komariyah, K., Murniati, N. A. N., & Egar, N. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2), 161–171.

M. Ngalim Purwanto. (2001). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Karya.

Masduki Duryat. (2016). Kepemimpinan Pendidikan. Alfabeta.

Mayrica, E., & Putri, D. R. (2022). Produktivitas Kerja Guru SMA Warga Surakarta Selama Masa Pandemi. Jurnal Asosiatif, 1(2), 96–106.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan.

Mujamil Qomar. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Erlangga.

Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya.

Nurlena. (2020). Tugas dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 24–32.

Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tks It Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14.

Siagian, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Merdeka Cipta.

Soekarto Indrafachrud. (1993). Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. Ghalia Indonesia.

Syaiful Sagala. (2012). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Alfabeta.

Wahed, A. (2016). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Permasalahannya. JURNAL Al-Ibrah, 1(1), 172–174.

Wahidah, A. N. (2022). Critical-Mathematical dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian Kuantitatif pada Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Pontianak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2467–2474.

Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Kreativitas Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 725–730.

Yusuf, A. (2018). Produktivitas Kerja Guru Ditinjau Dari Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Organisasi Sekolah, Dan Motivasi Kerja Guru Di Smp Negeri Se-Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 107–115.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-07

Cara Mengutip

, J. W. T. A., & Fibrian Miftahus Sa’adah. (2024). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MADRASAH DAN TPA ALI ADAM COPER PONOROGO. Journal Education and Government Wiyata, 2(3), 196–209. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/112

Terbitan

Bagian

Articles