ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VI DI SD 06 BULUNGKULON DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA

Penulis

  • Oliv Via Ani Ramadhana Universitas Muria Kudus
  • Nala 'Ariikah Universitas Muria Kudus
  • Nor Hidayah Universitas Muria Kudus

Kata Kunci:

Penalaran Masalah Matematika, Langkah Polya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa kelas VI di SD 06 Bulung Kulon dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan tahapan Polya. Menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif, penelitian ini melibatkan empat siswa yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan matematika mereka (rendah, sedang, dan tinggi). Pengumpulan data diperoleh melalui tes soal yang diberikan kepada siswa dan wawancara yang difokuskan pada empat tahapan penyelesaian masalah menurut Polya: memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, dan memeriksa hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan penalaran tinggi dapat mengikuti semua tahapan dengan baik, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah menghadapi kesulitan di berbagai tahapan. Kesalahan paling umum terjadi pada tahap memahami masalah dan merencanakan solusi, terutama dalam mengenali informasi yang diketahui dalam soal dan yang ditanyakan serta dalam memahami konsep dasar matematika seperti FPB dan KPK. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman mendalam dan keterampilan berpikir kritis dalam proses pemecahan masalah matematika, serta perlunya perhatian lebih dari guru untuk mengembangkan kemampuan penalaran siswa secara efektif.

Referensi

Hidayanti, E. N., Wardana, M. Y. S., & Artharina, F. P. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa kelas III SD Negeri Muntung Temanggung. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 36-42.

Irianti, N. P. (2020). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80-94.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Nurmilah, A. S., Karlimah, K., & Rahmat, C. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5911–5916. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2661

Badriyah, N., Sukamto, S., & Eka Subekti, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279

Parwati, N. N. (2019). Prosiding Senama PGRI Volume 1 Tahun 2019. Adaptasi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0, 1(87), 12–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.3445646

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Badriyah, N., Sukamto, S., & Eka Subekti, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Ramadhana, O. V. A., ’Ariikah, N., & Hidayah, N. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VI DI SD 06 BULUNGKULON DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA. Journal Education and Government Wiyata, 2(3), 299–306. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/117

Terbitan

Bagian

Articles