GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA MANGKUBUMI KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • Dandi Novika Universitas Galuh, Ciamis, Indonesia
  • Regi Refian Garis Universitas Galuh, Ciamis, Indonesia
  • Arie Budiawan Universitas Galuh, Ciamis, Indonesia

Kata Kunci:

kepemimpinan, kepala desa, pembangunan

Abstrak

Gaya Kepemimpinan yang relatif baru dalam studi-studi kepemimpinan adalah Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Studi Kasus Kepemimpinan Kepala Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa dilakukan sepanjang penelitian berlangsung sejak pengumpulan data dimulai, analisis data dilangsungkan secara terus menerus hingga pembuatan laporan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Gaya Kepemimpinan Kepala Desa belum sepenuhnya menunjukan Gaya Kepemimpinan, Hal itu dilihat dari Gaya Kepemimpinan seorang Kepala Desa yang seharusnya memimpin secara demokratis namun masih belum bisa mengembangkan potensi. Dilihat juga dari segi memotivasi para Perangkat Desa belum bisa terlaksana sepenuhnya, dapat dilihat juga dari SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada di Desa dimana belum ada pelatihan khusus untuk para Perangkat Desa dengan memfokuskan terhadap pembangunan non fisik yaitu pengelolaan digitalisasi sehingga Sistem Informasi Desa belum berjalan secara optimal. Gaya Kepemimpinan meliputi (1) pengaruh ideal, (2) motivasi yang menginfirasi, (3) rangsangan intelektual, (4) pertimbangan yang diadaptasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Di Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis belum terlaksana secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari belum optimalnya 1 (satu) dari 4 (empat) dimensi diantaranya pada dimensi Gaya Kepemimpinan sebagai motivasi yang menginsfirasi belum terlaksana secara optimal. Gaya Kepemimpinan sebagai pengaruh ideal sudah terlaksana dengan baik, Gaya Kepemimpinan sebagai rangsangan intelektuan sudah terlaksana dengan baik, Gaya Kepemimpinan sebagai pertimbangan yang diadaptasi sudah terlaksana dengan baik.

Referensi

Aan Komariah, Djam'an Satori. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Creswell, John W. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif,. Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ardilah.; Daswati, & Mukarramah. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Desa di Desa Panuwu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Publicatin, 2(1), 21-27.

Meleong, Lexy j. 20017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Ali Eko Maulana. (2012). Kepemimpinan Transformasional dalam Birokrasi Pemerintahan. Jakarta : PT. Multicideres Publishing.

Northouse, Peter g. (2013). Kepemimpinan. Jakarta : PT. Indeks.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Reflika Aditama.

Sugiono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta).

Suriagiri. 2020. Kepemimpinan Transformasional. Lhokseumawe : CV. Radja Publika.

Syafi’ie, Inu Kencana. 2013. Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Yogyakarta: PT Reflika Aditama.

Undang-Undang Pasal 1 Ayat 3 Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Undang-Undang Pasal 26 Ayat 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Undang-Undang Pasal 43 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi dan Tatakerja Pemerintahan Desa (STOK).

Wahyu D., & Rina H. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Jurnal Wacana Public, 1(6), 25-38.

Sulangi Glendy (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Hukum Tua Dalam Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa. Jurnal ilmu pemerintahan volume 2 no 2 tahun 2017 Fakultas Ilmu Social Dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratuwangi.

Trisnia Tina (2021) Kepemimpinan Transformasional Kepala Desa Kertaharja Kecamatan Cijengjing Kabupaten Ciamis.

Lidya Febby (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional Pada Kelompok Wisata Berbasis Komunikasi (Studi Kasus Kelompok Rangon Hills, Desa Gunung Sari Bogor). Jurnal Sosiologi Pedesaan Volume 08 No 03 Tahun 2020 Fakultas Ekonomi Institut Pertanian Bogor.

Yudhostira, Purnadi, Ahmad (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Manajemen, 14(1), 79-88.

Arthawan, Kadek Juli, dan Ni Wayan Mujiati. 2017. Pengaruh Gaya Kepeimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada LPD Kesiman di Denpasar. Jurnal Manajemen Vol. 6, No. 3 (hlm. 1221-1246). Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Kumbara, Vicky Brama. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Solok Selatan. Jurnal EKOBISTEK Vol. 6, No. 2. (hlm.299-319). Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia.

Lestari, Adistri Novita, dan Emma Suryani. 2018. “Pengaruh Gaya Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT The Univenus, Kragilan Serang Tahun 2018)”. Jurnal Ekonomika Vol. 13, No. 2 (hlm.274-299). Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Risambessy. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Persada.

Fahmi. 2009. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai SPBU Pandanaran Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Dandi Novika, Regi Refian Garis, & Arie Budiawan. (2023). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA MANGKUBUMI KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS. Journal Education and Government Wiyata, 1(3), 129–142. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/12

Terbitan

Bagian

Articles