PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ignasius Bayu Setya Nugraha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Suyoto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia

Kata Kunci:

Interactive Multimedia, Pancasila

Abstrak

Telah dilakukan penelitian bertujuan: 1) menghasilkan multimedia interaktif pada pembelajaran pancasila kelas IV Sekolah Dasar, dan 2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif pada pembelajaran pancasila kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan ini menggunakan metode penelitian (R&D) dengan tahapan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap Analyze (Analisis) dilakukan kegiatan yaitu menganalisis kurikulum, kebutuhan, media pembelajaran, dan materi. Tahap Design (desain) kegiatan yang dilakukan yaitu mengumpulkan refersnsi, perancangan desain multimedia interaktif, menyusun layout, menyusun materi, dan menyusun soal evaluasi. Tahap Development (perancangan) kegiatan yang dilakukan mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran Pancasila kelas IV Sekolah Dasar. Tahap Implementation (implementasi) kegiatannya yaitu uji coba produk pada peserta didik dengan uji coba terbatas dan uji coba luas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Nuurul Waahid Purworejo. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) menghasilkan multimedia interaktif pada pembelajaran pancasila kelas IV Sekolah Dasar. 2) Hasil kelayakan multimedia interaktif terdiri dari: a) kevalidan Kevalidan mendapat persentase dari ahli materi 75%, ahli media 95%, dan praktisi 91% dengan kategori layak dan sangat layak. b) kepraktisan dari respon peserta didik uji coba terbatas mendapat 96% dan uji coba luas mendapat 95%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I observer I mendapatkan persentase 93% dan observer II mendapat persentase 93% dikategorikan sangat baik. Pertemuan II dari hasil observer I dan II mendapat persentase 86% dikategorikan sangat baik. c) keefektifan diperoleh dari analisis N-Gain menggunakan skala Guttman dengan mendapatkan hasil skor gain 0,75 dikategorikan bahwa g>0,7 mendapat kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut multimedia interaktif dikatakan layak dan efektif digunakan untuk membantu pendidik menyampaikan materi pelajaran, mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Purworejo.

 

Referensi

Afifah, Kurniawan, & Noviana. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan. 1(1),36.

Firmadani. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Koferensi Pendidikan Nasional. 2(1),94.

Furoidah. 2020. Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. AL-Fusha: Arabic Language Education Journal. 2(2), 67.

Haryadi & Kansaa. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AT-Ta’lim: Jurnal Pendidikan. 7(1), 69.

Irlisma. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa SMKN 4 Pekanbaru Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurna Pekbis. 14(1), 41.

Khasanah. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Power Point pada Pembelajaran Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas V SD Negeri 2 Kalirancang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik Universitas PGRI Semarang. 6(1), 50.

Noverdika. 2021. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi. 5(1), 110.

Nugraha, Hunaifi, & Damariswara. 2020. Pengembangan Multimedia Peredaran Darah Manusia Pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat pada Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional. 2(2), 38.

Ramdayani, Zahrah, Arsya, & Marini. 2022. Analisis Powerpoint Terhdapa Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahan Pendidikan. 8(24), 69.

Swara. 2020. Pemanfaatan Visualisasi 3D pada Multimedia Interaktif dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Teknoif. 8(1), 20.

Trimansyah. 2021. Kecenderungan Media Pembelajaran Interaktif. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan. 2(2), 20.Wulandari, Salsabila, Cahyani, Nurazizah, & Ulfiah. 2023.

Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 5(2), 3932.

Wijayanti, Koto, & Winarni. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Example Non Example Berbasis Inkuiri pada Pembelajaran IPA Materi Organ Pencernaan Hewan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar. 6(1), 76.

Wulandari. 2020. Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS). 1(2), 45.

Ziveria & Purwandari. 2020. Pengembangan Presentasi Interaktif dan Menarik Menggunakan Microsoft Power Point 2007Bagi Guru SDIT Al-Kautsar. Abdimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2),60.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-20

Cara Mengutip

Ignasius Bayu Setya Nugraha, Ashari, & , S. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Journal Education and Government Wiyata, 2(3), 226–238. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/121

Terbitan

Bagian

Articles