PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BATANG
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i3.123Kata Kunci:
(Public service, E-government, SIPUAS)Abstrak
E-Government adalah suatu sistem teknologi informasi yang digunakan oleh pemerintah untuk memabantu meningkatkan pelayanan publik. Salah satu pemerintah daerah kabupaten/kota yang menerapkan E-Government adalah pemerintah kabupaten Batang. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mempunyai layanan perizinan online yaitu aplikasi perizinan SIPUAS (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Usaha dan Investasi). Pada tulisan ini akan membahas tentang penerapan E-government di DPMPTSP Kabupaten Batang melalui aplikasi SIPUAS yang merupakan inovasi pelayanan berbasis Electronic Government dengan tujuan untuk mencipatakan kualiatas pelayanan yang lebh baik. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka. Untuk melihat bagaimana penerapan e-government pada aplikasi SIPUAS akan menggunakan indikator (1) efisiensi, (2) efektivitas, (3) transparans (Azkiya, 2018). Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu pertama, dilihat dari indikator efisiensi pengunaan aplikasi SIPUAS dapat memudahkan masyarakat karena dapat diakses dimanapun serta dapat menghemat biaya dan waktu. Menu pada aplikasi SIPUAS juga mudah untuk diakses masyakat. Kedua, dilihat dari indikator efektivitas penerepan aplikasi SIPUAS oleh DPMPTSP Kabupaten Batang seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ini dapat mempermudah masyarakat dalam proses mengajukan perizinan dan menghindari adanya percaloan. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan DPMPTSP Kab. Batang Tahun 2023 menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan nilai mencapai 90,93 (sangat baik) (ptsp.batangkab.go.id, 2024). Ketiga, dilihat dari indikator transparansi Aplikasi SIPUAS ini dapat diakses secara terbuka dan mudah oleh masyarakat. Apabila ingin mengakses aplikasi ini dapat langsung menuju website https://sipuas.batangkab.go.id/ atau melalui menu di webiste DPMPTSP Kab. Batang https://ptsp.batangkab.go.id/.
Referensi
Azkiya, H. (2018). Kebijakan dan Manajemen Publik Penerapan E-Government Dalam Peningkatan Pelayanan Publik (Studi pada Pelaksanaan Program e-Tax Pajak Restoran di Kota Malang). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(2), 1–10.
Daraba, D., Salam, R., Wijaya, I. D., Baharuddin, A., Sunarsi, D., & Bustamin. (2023). Membangun Pelayanan Publik Yang Inovatif Dan Efisien Di Era Digital Di Indonesia. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(1), 31–40. https://doi.org/10.61076/jpp.v5i1.3428
Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1), 1–14.
Hamdillah, H. (2023). Inovasi Pelayanan Publik dan Transformasi Birokrasi: Pendekatan Administrasi Publik dalam Meningkatkan Good Governance. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 6(2), 91–102. https://doi.org/10.32699/resolusi.v6i2.5672
Indah Purnamasari, A., Indra Wardani, Y., & Aulia Hidayah, D. (n.d.). (2019). Inovasi Layanan Transaksi E-government Pada BIdang Perizinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang. 1(1). https://doi.org/10.22219/PSNIP.Vol0.No0.II%7C569-596
Khasanah, S. U., Priyadi, B. P., & Purnaweni, H. (2023). Pengaruh Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi Si D’Nok Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 13(1), 1–13.
Kurnia, T. S., Rauta, U., & Siswanto, A. (2017). E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(2), 170. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmh/article/view/14608
Kurniasih, D. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Teknologi Digitalisasi Di Kabupaten Banyumas. Dinamika Governance Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(4), 373 – 383. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/1198
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2898%0Ahttps://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/download/2898/1285
Pasolong, H. (2019). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.
Pasolong, Harbani, 2007. Teori Administrasi Publik. CV Alfabeta, Bandung. Hal. 128
Prabawati, L. P., Fajri, I. N., & Septiani, F. D. (2020). Penerapan E-Government Melalui Simpenda Di BKD (Badan Keuangan Daerah) Kota Batu. Prosiding Simposium Nasional''Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan di Era Revolusi Indusri 4. O", 897-917.
Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890
Ratminto, A., & Winarsih, S. (2017). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Ronnyta, R. V. (2020). Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Si-Imut Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Semarang. Ournal of Politic and Government Studies, 9(03), 1–7.
Sari, I. K., Said, M. M., & Rahmawati, S. D. (2022). Penerapan E-Government Di Pemerintah Daerah Bojonegoro Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Respon Publik, 16(10), 40–51. http://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/18737http://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/download/18737/14238N/A
Sari, K. D. A., & Winarno, W. A. (2012). Implementasi E-Government Systemdalam Upaya Peningkatan Clean and Good Governance Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, XI(1), 1–19.
Simarmata, P. P., Saragih, D. Y., & Simarmata, H. M. P. (2020). Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dolok Batu Nanggar Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 3(1), 241. https://doi.org/10.37600/ekbi.v3i1.119
Suandi. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8
Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 748–754. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18196/jphk.1101
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wihda Maulani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.