PENERAPAN TEORI BELAJAR PARADIGMA BEHAVIORISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Penulis

  • Rini Indah Sari Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al-Farabi Pangandaran
  • Irfan Afandi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al-Farabi Pangandaran

Kata Kunci:

Teori Belajar, Behavioristik, Pembelajaran

Abstrak

Teori belajar behavioristik merupakan salah satu teori  yang cukup mengutamakan kepada perubahan tingkah laku siswa sebagai akibat adanya stimulus serta respon. Dengan istilah lain, belajar merupakan bentuk bagian perubahan yang dialami semua siswa di dalam hal kelebihan nya yang bertujuan untuk merubah tingkah laku dengan berbagai cara interaksi diantaranya antara stimulus dan respon. Menurut Watson tingkah laku siswa merupakan bagian hasil dari pembawaan genetis atau keturunan dan pengaruh lingkungan, sedangkan menurut Pavlov merujuk pada beberapa jumlah tata cara pelatihan antara 1 stimulus dan rangsangan ada untuk menggantikan stimulus lain dalam mengembangkannya respon, pamungkas menurut Skinner hubungan antara stimulus dan respons terjadi akibat melalui interaksi dengan lingkungan dan kemudian menimbulkan perubahan tingkah laku. Dengan bahasa lain, teori belajar behavioristik lebih menitik beratkan untuk mengembangkan tingkah laku murid ke arah yang lebih bagus

Referensi

Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Andriyani, Fera. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Pandangan Islam tentang Behavioristik.(Jurnal Pendidikan dan PranataIslam).Edisi 10 No. 2 Hal. 165-180.

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.

King, Laura A. 2010. Psikologi Umum: Sebuah Pengantar Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Zulhammi.2015. Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam Perspektif Pendidikan Islam.(Jurnal Darul Ilmi) Vol. 3 No. 1 Hal.105-127.

Mukinan.1997.Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: P3G IKIP.

Nasution. 2006. Asas-Asas Kurikulum.Jakarta: Bumi Aksara.

Putrayasa, Ida Bagus. 2013. Landasan Pembelajaran. Bali.Undiksha Press.

Rusli dan Kholik. 2013. Theory of Learning According to Educational Psychology.(Jurnal Sosial Humaniora). Vol. 4 No. 2 Hal 62-67.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Sugandi, Ahmad. 2007.Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.Sujanto, Agus. 2009. Psikologi Umum.Jakarta: Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Rini Indah Sari, & Irfan Afandi. (2023). PENERAPAN TEORI BELAJAR PARADIGMA BEHAVIORISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Journal Education and Government Wiyata, 1(3), 162–170. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/15

Terbitan

Bagian

Articles