PERSPEKTIF MAHASISWA FMIPA UNIMED TENTANG WAWASAN NUSANTARA UNTUK MEMBANGUN RASA NASIONALISME
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.153Kata Kunci:
Wawasan Nusantara, Nasionalisme, Mahasiswa, FMIPA UNIMED, Pendidikan Kewarganegaraan, GlobalisasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif mahasiswa FMIPA UNIMED tentang Wawasan Nusantara dan bagaimana konsep ini berperan dalam membangun rasa nasionalisme. Wawasan Nusantara, sebagai pandangan geopolitik dan geostrategis bangsa Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, menjadi instrumen penting dalam menjaga keutuhan NKRI dan memperkuat identitas nasional di tengah ancaman globalisasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang memberikan gambaran mendalam tentang pemahaman mahasiswa terhadap Wawasan Nusantara serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa FMIPA UNIMED memahami pentingnya Wawasan Nusantara dalam membangun nasionalisme, meskipun terdapat tantangan dalam penerapan konsep ini di kalangan generasi muda. Pendidikan yang inovatif dan pemanfaatan media digital diusulkan sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai nasionalisme. Kesimpulannya, Wawasan Nusantara menjadi kunci dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta membangun nasionalisme yang kokoh di kalangan generasi muda.
Referensi
Aminullah, R., & Umam, M. (2020). Pancasila Sebagai Wawasan Nusantara. Jurnal Al-Allam, 1(1), 1-16.
Artika, D., Alawiyah, D. T., Chantiqa, F. A., & Hasanah, N. (2024). Dampak Peningkatan Wawasan Nusantara Dan Pergaulan Internasional Terhadap Mahasiswa Dalam Konteks Lingkungan Sehari-Hari. Indonesian Journal Of Education And Development Research, 2(2), 1497-1503.
Aulia, N., Sihite, I. E., Septemberiyani, D., & Silvania, Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Wawasan Nusantara Dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 655-661.
Binawan, R., & Najicha, F. U. (2023). Peranan Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Konflik Nasional. Azzahra: Scientific Journal Of Social And Humanities, 1(3), 175-185.
Cahyaningrum, N. A., & Marselina, A. D. (2024). Wawasan Nusantara: Konsep Dan Implementasinya Dalam Memperkuat Identitas Nasional Indonesia. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 231-238.
Ilyasa, A. (2021, June). Wawasan Nusantara. In Unusia Conference (Vol. 1, No. 1, Pp. 227-238).
Prakoso, G. B., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Membangun Rasa Toleransi Dan Wawasan Nusantara Dalam Bermasyarakat. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 67-71.
Pringadhi, A. P., & Najicha, F. U. (2023). Dinamika Wawasan Nusantara Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 89-97.
Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59-64.
Saputri, R. Y., & Najicha, F. U. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Penanaman Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda. Jurnal Rontal Keilmuan Pkn, 9(1), 1-6.
Saputri, S. A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya Pemahaman Wawasan Nusantara Bagi Generasi Z Untuk Membangun Rasa Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 231-239.
Wardhani, N. W. (2023). Upaya Peningkatan Pemahaman Wawasan Nusantara Sebagai Alat Pemersatu Bangsa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 7-10
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rama Fahri, Maghfirahtun Zahira , Rindi Prameswari, Dinda Amanda, Elviana Br Barus, Oksari Anastasya Sihaloho
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.