LITERATURE REVIEW PENGARUH KELENGKAPAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.155Kata Kunci:
Administrasi Pembelajaraan, Kinerja Guru, Learning Administration, Teacher PerformanceAbstrak
Artikel ini mengkaji tinjauan pustaka dari pengaruh kelengkapan administrasi pembelajaran terhadap kinerja guru di madrasah. Kinerja guru, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, merupakan faktor kunci dalam mencapai keberhasilan proses belajar-mengajar. Administrasi pembelajaran yang efektif mencakup tugas-tugas administratif dan dukungan kelembagaan yang memungkinkan guru untuk melaksanakan tugas-tugas pengajaran dengan lebih tertib dan sistematis. Namun, beberapa madrasah menghadapi kendala dalam hal pengelolaan administrasi, seperti beban administratif yang membatasi waktu pengajaran dan kurangnya dukungan teknologi. Kendala ini mengakibatkan penurunan kinerja guru, yang berpotensi mempengaruhi kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka, mengumpulkan data dari berbagai jurnal dan buku elektronik yang membahas administrasi pembelajaran dan kinerja guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa administrasi yang baik memberikan dampak positif terhadap motivasi dan efektivitas kinerja guru, terutama dalam pengelolaan waktu dan sumber daya. Dukungan administrasi yang memadai memungkinkan guru untuk berfokus pada kegiatan pengajaran dan pengembangan kompetensi siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan pentingnya peran lembaga pendidikan dalam menyediakan sistem administrasi yang terstruktur, guna meningkatkan profesionalitas guru dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas. Studi ini merekomendasikan perbaikan sistem administrasi di madrasah melalui peningkatan dukungan teknologi dan pelatihan guru dalam manajemen administrasi pembelajaran, sehingga kinerja guru dapat optimal dan tujuan pendidikan tercapai secara maksimal.
Referensi
Bertalanffy, L. von. (1969). General system theory: Foundations, development, applications.
Campbell, J. P. (1990). Modeling the performance prediction problem in industrial and organizational psychology. Handbook of Industrial and Organizational Psychology/Consulting Psychologists Press, Inc.
Hadijaya, Y. (2012). Administrasi pendidikan. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/64
Hilal Mahmud, M. M. (2015). Administrasi Pendidikan (menuju sekolah efektif). Penerbit Aksara TIMUR.
Kusumaningrum, H., Chaerany, C., Kholisah, T. A., & Cahyani, R. (2024). KINERJA GURU SEBAGAI ASPEK STRATEGIS DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN. Journal Education and Government Wiyata, 2(2), 105–125.
Mayo, E. (2004). The human problems of an industrial civilization. Routledge.
Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.
Mustika Hati, R. (2013). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Administrasi Pengajaran Di MTs Manba ’ul ‘Ulum Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon 2013 M / 1434 H. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/RIKA MUSTIKA HATI_59440830_(kata pengantar tidak ada)-min.pdf
Nisa, H. K. (2017). PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SD NEGERI SE-KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2016/2017 (Vol. 11).
Nuraini. (2020). Administrasi Pembelajaran Di Kelas Inklusi Dan Kelas Klasifikasi. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 3(1), 111–123.
Piaget, J., & Inhelder, B. (2008). The psychology of the child. Basic books.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Robbins, S. P., & Coulter, M. K. (2009). Management. Pearson Education India.
Saripuddin, S., Hasibuan, L., & Anwar Us, K. (2021). Pengaruh Administrasi Pendidikan dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru pada MAN 1 Bintan Kepulauan Riau. AkMen JURNAL ILMIAH, 18(2), 198–208. https://doi.org/10.37476/akmen.v18i2.1719
Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–23.
Suwatno, H. d, & Priansa, D. J. (2011). Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Yasto, P. H., & Fatimah, M. (2024). ADMINISTRASI GURU DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Chesia Chaerany
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.