PERAN GURU PKN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MENUMBUHKAN BELA NEGARA PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

Penulis

  • Cindi Nurningsih Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nadia Sasi Kirana Simatupang Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Oksari Anastasya Sihaloho Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Putri Syakinah Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sefi Hariati Gulu Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Zhane Arnaya Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.156

Kata Kunci:

Pendidikan, Bela Negara, Tanggung jawab, Nasionalisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan dalam menanamkan semangat bela negara di kalangan siswa kelas XI di SMAN 1 Percut Sei Tuan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Sumber data meliputi guru Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa, dengan fokus pada sikap nasionalisme dan upaya pengembangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila sangat penting dalam membangun moral dan disiplin siswa. Tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya rasa peduli dan tanggung jawab, yang terlihat dalam konflik antar siswa. Partisipasi dalam kegiatan sosial dan ekstrakurikuler dianggap efektif dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan toleransi. Penelitian ini menegaskan bahwa bela negara adalah tanggung jawab bersama yang harus diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan, untuk mempersiapkan generasi muda yang bertanggung jawab dan nasionalis.

Referensi

Ade, A. (2020). Bela Negara. Banten: Kepala Badan Kesbangpol.

Juliannisa, I. A., Handayani, T. R., Rahmi., dkk. (2022). PENDIDIKAN & BELA NEGARA. Bandung: CV. Widina Media Utama

Mutmainah, D., & Kamaludin. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa. Civicus : Pendidikan Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 51. Vol. 6 No. 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendiri Dasar, 4(1), 29-39.

Syaharuddin., & Susanto, H. (2019). Sejarah Pendidikan Indonesia. in Program Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, 5(9).

Yohana, A., Sulha., & Moad. (2024). PERAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN BELA NEGARA PADA SISWA DI

KELAS VIII AKHWAT SMPIT AL FITYAN. Jurnal Pendidikan Karakter dan Pendidikan Kewarganegaraan. 4(2). 154-165

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-28

Cara Mengutip

Cindi Nurningsih, Nadia Sasi Kirana Simatupang, Oksari Anastasya Sihaloho, Putri Syakinah, Sefi Hariati Gulu, & Zhane Arnaya. (2024). PERAN GURU PKN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MENUMBUHKAN BELA NEGARA PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN. Journal Education and Government Wiyata, 2(4), 425–434. https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.156

Terbitan

Bagian

Articles