PERAN INFLUENCER INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK DAN PARTISIPASI POLITIK

Penulis

  • Juliana Saragih Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Mona Purba Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Monica Manik Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nadila Dwi Aulia Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Wiga Wulandari Universitas Negeri Medan
  • Oksari Anastasya Sihaloha Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.157

Kata Kunci:

Influencer, Instagram, Opini Publik, Partisipasi Politik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana influencer Instagram membentuk opini publik dan berkontribusi pada partisipasi politik di kalangan kelompok demografis tertentu dalam era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, khususnya analisis konten terhadap aktivitas influencer Instagram selama kampanye politik, serta wawancara mendalam dengan pengguna media sosial yang aktif mengikuti influencer terhadap mahasiswa fisika Universitas Negeri Medan. Dalam konteks politik, para influencer sering digunakan oleh aktor politik untuk memperkenalkan kandidat, menyebarkan informasi terkait kampanye, dan memobilisasi dukungan. Selain itu, influencer juga berkontribusi dalam mendorong partisipasi politik masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda, melalui pendekatan yang lebih santai dan mudah dijangkau. Oleh karena itu, studi ini menyarankan adanya regulasi yang lebih ketat terkait peran influencer dalam ranah politik serta literasi digital yang lebih baik bagi masyarakat untuk menghindari dampak negatif dari informasi yang disebarkan di media sosial.

Referensi

Anjani. S & Irwansyah. 2020. Peranan Ifluencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [The Role Of Social Media Influencers In Communicating Messages Using Instagram ]. Jurnal Ilmiah 16 (2) : 203-229

Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105–120.

Arighi, M, F., dkk.(2024). Peran Influencer Terhadap Pemilihan Presiden Pada Pemilihan Umum Tahun 2024. Journal Of Law, Administration, and Social Science. 4 (5) :981-995

Dhanesh. G. S., & Duthler. G. (2019). Pengelolaan hubungan melalui influencer media sosial: Pengaruh kredibilitas influencer terhadap hasil komunikasi. Journal of Public Relations Research 31(2) : 22-40.

Djoenasih S. Sunarjo. (2012). Opini Publik. New Jersey: Prentice Hall. (Terjemahan: Wibowo, Tri. (2006). Effective Public Haji Press).

Girsang. C. N. 2020. Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital. Jurnal Ultimacomm 12 (2) : 206 -225

Habibi, M. K., Normansyah, A. D., & Khoerudin, C. M. (2024). Peran Warga Negara Melalui Media Sosial Dalam Membentuk Opini Publik. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 1-10.

Jati, W. R. (2016). Aktivisme Kelas Menengah Berbasis Media Sosial: Munculnya Relawan dalam Pemilu 2014. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 147–162

Kominfo. (2019). Kominfo Temukan 3356 Hoax Terbanyak Saat Pemilu 2019. Diakses dari: https://www.kominfo.go.id/content/detail/21876/kominfo-temukan-3356 hoaxterbanyak-saat-pemilu-2019/0/berita_satker

Putricia, D, N.,dkk.(2024). Studi Literatur : Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Gen Z (Zoomers). Retorika ; Jurnal Komunikasi, Sosial, dan Ilmu Politik. 1 (2): 74–82

Rorianti, A. (2017). Skripsi : Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Pada PILGUB DKI Jakarta 2017. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49238/1/ADELIA%20RORIANTI.FISIP.pdf

Safitri, R., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Edukasi Hukum Melalui Media Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 377-385.

Saputra, I. G. A. (2024). Peran Media Sosial, Opini Publik Tentang Isu Politik. Igas168.com. https://igas168.com/peran-media-sosial-opini-publik-tentang-isu-politik/

Suprayitno, D., dkk. (2024). Buku Ajar Pengantar Ilmu komunikasi. Jambi : PT.Sonpedia Publishing Indonesia

Wicaksono. W. Z, dkk. (2024). Peran Media Sosial dalam Membentuk Opini Publik dan Sikap Politik Mahasiswa di Kawasan Kampus Sekaran: Analisis dalam Konteks Pemilu Presiden 2024. Jurnal Mediasi 3 (2) : 131-140

Yustiawan. S. T & Lestari. B. 2023. Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Konten Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Piscocol Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis 9 (2) :160-168

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-28

Cara Mengutip

Juliana Saragih, Mona Purba, Monica Manik, Nadila Dwi Aulia, Wiga Wulandari, & Oksari Anastasya Sihaloha. (2024). PERAN INFLUENCER INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK DAN PARTISIPASI POLITIK. Journal Education and Government Wiyata, 2(4), 396–406. https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.157

Terbitan

Bagian

Articles