PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI DESA KERTAJAYA KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN PANGANDARAN

Penulis

  • Ipan Nurhidayat STISIP Tasikmalaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pemerintah desa dan non pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan ekonomi desa serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Kertajaya Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik analasis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat berdasarkan potensi yang ada di Desa Kertajaya baik itu pelaku usaha kecil, pertanian, dan peternakan serta dengan pemberian bantuan ternak dan memfasilitasi sarana dan prasarana bagi peternak domba, kemudian sarana dan prasarana pertanian.  juga sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam membina, mengarahkan dan mengendalikan termasuk didalamnya membuka peluang pasar terutama luar pasar daerah.

Referensi

Adi, I. R. (2013). Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Press.

Eko, Sutoro (2004). Reformasi Politik dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: APMD Press.

James A. Christenson & Jerry W. Robinson, Jr Ames, Community Development In Perspective: Lowa State University Pres, 1989, hal 215.

Suharto, Edi (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Hamidjojo, Santoso S., 1977, Partisipasi Masyarkat Dalam Pembangunan, UNPAD, Bandung.

Zuliyah, Siti. 2010. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Menunjang Pembangunan Daerah. Journal of Rural and Development. Volume No.2 Agustus 2010.

Arfianto, U. Balahmar. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Desa. JKMP (ISSN. 2338-445X), Vol. 2, No. 1 Maret 2014.

Sarinah, Iin. Sihabudin, Anwar. Suwarlan, Erlan. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Oleh Pemerintah Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran

Kabupaten Pangandaran. Jurnal MODERAT, Volume 5, Nomor 3, Agustus 2019

Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri No.114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Ipan Nurhidayat. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI DESA KERTAJAYA KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN PANGANDARAN. Journal Education and Government Wiyata, 1(1), 10–23. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/4

Terbitan

Bagian

Articles