PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Fatihah Fahmi Fidienillah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indone

Kata Kunci:

Pendidikan, Teori Belajar Behaviorisme, Penerapan Teori Behaviorisme

Abstrak

Pendidikan merupakan proses krusial yang melibatkan transformasi individu dalam menanggapi rangsangan. Dalam pembelajaran metode pengajaran yang umum digunakan adalah Teori Behaviorisme. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi berbagai cara penerapan teori belajar behavioristik dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif melalui studi pustaka atau review literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa teori behaviorisme dapat digunakan dalam pengajaran di sekolah, termasuk memberikan rangsangan dan respons kepada siswa, mendorong perilaku positif, dan memberikan penghargaan kepada siswa yang disiplin. Prinsip-prinsip behaviorisme, seperti memberikan rangsangan dan respons serta memfasilitasi peniruan, terbukti dapat mengatasi masalah disiplin dan mendorong pembelajaran yang efektif di sekolah dasar.

Referensi

Anggraini, R., Sukardi, S., & Habibi, M. M. (2023). Pengaruh Media Stik Es Krim Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B di PAUD Merpati Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1415-1419.

Gray, Colette., dkk. 2012. Learning Theoris in Childhood. London: SAGE Publications Ltd.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Maijala, M. (2020). Culture teaching methods in foreign language education: Pre-service teachers’ reported beliefs and practices. Innovation in Language Learning and Teaching,14(2),133–149.

Muhaimin, et,.al. 2002. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. II. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas

(Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90–100.

Pavlov, I. P. (1941). Conditioned Reflexes and Psychiatry. International Publisher co.

Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198-206.

Sharfina'Alaniah, A., Putri, R. K. A., & Khotimah, S. K. (2023). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISME IVAN PETROVICH PAVLOV DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 152-166.

Sokip, (2019), Kontribusi teori `Behavioristik dalam Pembelajaran,Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 7 (1):175-90.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

, F. F. F. (2024). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR. Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 1–8. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/42

Terbitan

Bagian

Articles