VIDEO EDUKASI UNTUK MEMINIMALISIR BULLYING VERBAL PADA TINGKAT REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i1.44Kata Kunci:
bullying, bullying verbal, remaja, video edukasiAbstrak
Kasus bullying pada tingkat SMP telah mencapai 50% berdasarkan data dari FSGI. Sedangkan, dalam survey lainnya menyatakan bahwa kasus bullying terbanyak adalah bullying verbal dengan jumlah 87,6%. Berdasarkan masalah tersebut peneliti memilih judul ini, dengan tujuan mengetahui solusi menurunkan angka bullying verbal pada tingkat remaja. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan dan wawancara. Dengan itu, peneliti mendapatkan hasil bahwa cara yang cukup efektif untuk meminimalisir bullying verbal pada tingkat remaja adalah dengan memberikan video edukasi
Referensi
Gaetano, M. (2010). Bullying: A View from the Corporate World. Journal of the International Ombudsman Association, 3(2). https://ioa.memberclicks.net/assets/docs/JIOA_Articles/JIOA_Vol3_Issue_2.pdf
Gunawan, S., & Tadjudin, N. S. (2022). EDUKASI SEKS DAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PADA SISWA/ SISWI SMP TARAKANITA 2 JAKARTA.
Liputan6.com. (n.d.). Edukasi adalah Pendidikan, Ketahui Jenis-jenis dan Manfaatnya. Retrieved December 26, 2023, from https://www.liputan6.com/hot/read/5310288/edukasi-adalah-pendidikan-ketahui-jenis-jenis-dan-manfaatnya
Masdin, M. (2013). FENOMENA BULLYING DALAM PENDIDIKAN. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 73–83. https://doi.org/10.31332/ATDB.V6I2.306
McCulloch, B. (2010). Dealing Whith Bullying Behaviours in the Workplace: What Works A Practitiiner’s View. Jurnal of the International Ombudsmen Assciation, 3(2).
PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2014.
Naurah, N. (2023). Kekerasan Verbal Jadi Jenis Bullying yang Paling Banyak Dialami Masyarakat. Good Stats. https://goodstats.id/article/kekerasan-verbal-jadi-jenis-bullying-yang-paling-banyak-dialami-masyarakat-rkXuT
Riauskina, I. I., Djuwita, R., & Soesetio, S. R. (2005). “Gencet-gencetan” di Mata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif tentang Arti, Skenario, dan Dampak ”Gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial.
Susanti. (2016). Persepsi pada B4S Stander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP. UNM.
Yudianto, A. (2017). PENERAPAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Repository of UMMI.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.