MARKETING POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM DI INDONESIA

Penulis

  • Ipan Nurhidayat STISIP Tasikmalaya

Abstrak

Pada era demokrasi modern ini, sudah seharusnya para kontestan pasangan calon pemimpin pemerintah atau kepala daerah memiliki kemampuan dalam memikat dan meyakinkan pemilih. Salah satunya dengan metode yang menentukan kemenangan suatu pasangan calon dalam kontestasi pemilihan umum adalah Brand politik yang menjadi ciri sekaligus citra dari pasangan calon tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada pemilihan umum, masyarakat diberi kesempatan untuk menentukan siapa yang akan mewakili mereka di lembaga legislatif dan yang akan memimpin mereka sebagai presiden di lembaga eksekutif selama lima tahun ke depan. Dalam pemilihan umum tersebut, membawa dampak yang baik bagi masyarakat, telah banyak melakukan perbaikan agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pemilihan. Perubahan pola komunkasi politik dengan menggunakan sosial media juga terjadi di Indonesia. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2022, menunjukkan bahwa penetrasi sosial di Indonesia melalui internet paling tinggi.

Referensi

Firmanzah Ph.D.2008.Marketing Politik;Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Hal. 127

Lock, a. Harris, P, 1996. “Political marketing-vive la difference”, European journal of marketing Vol. 30 No. 10/11, pp. Hal. 14-16

Lees Marshment J.2009. Political Marketing; Principles and Aplications. London;Routledge

Juditha, Christiany. 2015. Political Marketing Dan Media Sosial (Studi Political Marketing Capres RI 2014 Melalui Facebook). Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol. 19 No. 2. Hal. 225-241.

Moekijat, 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Mandar Maju. hal, 4.

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. 5 (1), 94- 101.

Suryawati, I. (2021). Political Branding Gubernur Indonesia Melalui Media Sosial.

MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4 (2), 23-38.

Tesis Inco Hary Perdana. 2012. Political Marketing Partai Politik Baru Menuju Pemilu 2012 Studi Kasus Strategi Pemenangan Partai Nasdem. Jakarta; FISIP UI. Hal.19

Universal, M. (2008). Power To The People Social Media Tracker: Wave 3, New York: Universal McCann

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Ipan Nurhidayat. (2023). MARKETING POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM DI INDONESIA. Journal Education and Government Wiyata, 1(1), 53–63. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/6

Terbitan

Bagian

Articles