PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK SANDIKTA BEKASI

Penulis

  • Muhammad Kahfi Universitas Islam Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia

Kata Kunci:

Media, pembelajaran, dan integrasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai integrasi teknologi dalam perencanaan media pembelajaran di SMK Sandikta Bekasi. Metode penelitian kualitatif digunakan, dengan wawancara mendalam sebagai alat pengumpulan data utama. Pertanyaan terstruktur dirancang untuk mencakup aspek-aspek kunci seperti pandangan terhadap teknologi, peran desain instruksional, evaluasi efektivitas, responsivitas terhadap perubahan, fokus pada interaktivitas, tujuan perencanaan media pembelajaran, inklusivitas, dan langkah-langkah dalam merencanakan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Sandikta Bekasi menganggap teknologi sebagai kunci peningkatan kualitas pembelajaran. Desain instruksional menjadi landasan utama, sementara evaluasi efektivitas dan responsivitas terhadap perubahan menjadi bagian integral dari perencanaan. Fokus pada interaktivitas untuk meningkatkan minat siswa dan inklusivitas dalam aksesibilitas media pembelajaran juga menjadi poin penting. Langkah-langkah dalam merencanakan media pembelajaran melibatkan identifikasi kebutuhan, pengembangan tujuan instruksional, pemilihan media yang sesuai, pengembangan konten, pengujian prototipe, dan evaluasi berkala.

Referensi

Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis di Sekolah Luar biasa. Jurnal Algoritma, 16(1), 51–57.

Dedynggego, D., Mohammad, M., & Affan, M. (2015). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 1(2), 45–60.

Driyani, D. (2018). Perancangan media pembelajaran sekolah dasar berbasis android menggunakan metode rekayasa perangkat lunak air terjun (waterfall). STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(1), 35–43.

Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 8(2), 57–64.

Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan media pembelajaran fisika berbasis android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15–24.

Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23–32.

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan pengembangan media pembelajaran model 4d pada guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–22.

Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan media pembelajaran matematika menggunakan teknologi augmented reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122–136.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

, M. K., & Maria Ulfah. (2024). PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK SANDIKTA BEKASI. Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 78–92. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/73

Terbitan

Bagian

Articles