MODEL PEMBELAJARAN KURIKULUM UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PENDEKATAN BANK STREET APPROACH DAN HIGH SCOPE

Penulis

  • Iyus Sudrajat Pendidikan Anak Usia Dini, STIT NU AL-FARABI Pangandaran
  • Asri Sawalianti Pendidikan Anak Usia Dini, STIT NU AL-FARABI Pangandaran
  • Uminah Pendidikan Anak Usia Dini, STIT NU AL-FARABI Pangandaran
  • Lisa Noviyani Pendidikan Anak Usia Dini, STIT NU AL-FARABI Pangandaran

Kata Kunci:

Pembelajaran, kurikulum, anak usia dini, bank street,high/scope

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman modern telah mendorong berbagai perubahan. Kemajuan teknologi menuntut individu untuk memperoleh lebih banyak keterampilan, baik dalam pengetahuan, sikap, dan perilaku. Tujuannya agar setiap individu mampu menghadapi dan beradaptasi terhadap perubahan, termasuk dibidang pendidikan. Pendidikan merupakan kebutuhan bagi semua individu untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas merupakan hak bagi setiap warga negara, termasuk anak usia dini. Pendidikan anak usia dini yang tepat juga tergantung pada pembelajaran dan guru yang berkualitas. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui dan memahami bagaimana anaknya dapat belajar dengan baik dan menyenangkan disekolahnya. Supaya anak dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan studi literatur (library research) dilakukan dengan pengumpulan data pustaka dan membaca jurnal-jurnal terdahulu dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kurikulum untuk anak usia dini melalui pendekatan: bank street dan high/scope, model pembelajaran adalah suatu rencana atau model yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan agar anak dapat berinteraksi selama pembelajaran, sehingga terjadi perubahan dan perkembangan pada diri anak. Model pembelajaran diambil dari dua suku kata yaitu: Model dan Pembelajaran. Masing-masing kata tersebut mempunyai arti yang berbeda. Model adalah suatu objek atau konsep yang digunakan untuk mempresentasikan suatu hal nyata yang telah diubah menjadi bentuk yang lebih utuh, pada saat yang sama. Pembelajaran adalah upaya sadar seorang guru untuk mengajarkan kegiatan belajar yang menyenangkan kepada peserta didik. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan.  Hasil penelitian menujukan bahwa pentingnya pendidikan sejak dini serta pentingnya peran orangtua dalam memilih pendidikan dan guru yang berkualitas dan lingkungan masyarakat yang baik. Agar anak bisa menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

 

Referensi

Eliza, D. (2013). Penerapan model pembelajaran kontekstual learning (CTL) berbasis centra di taman kanak-kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 93-106.

Fahmi, F., & Ningsih, R. W. (2021). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 1-16.

Hardianti, R. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Bank Street Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Nurul Ilmi Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960-1972.

Munawwarah, H. (2022, May). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Nuraeni, N. (2014). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143-153.

Ndraha, A., & Waruwu, N. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Sentra dan Implikasinya pada Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(1), 33-49.

Rahayu, N., Putri, S., Nunlehu, M., Madi, M. S., & Priyanti, N. (2023). Model Pembelajaran High Scope Pendidikan Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 61-68.

Rochmah, N., Fahridatun, U., & Hanifatunisak, H. (2019). Esensi Model Pembelajaran High/Scope dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 16-27.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52-61.

Ulfah, M., Nurlaela, M., & Saifuddin, S. (2022 ). Penerapan Model High Scope dalam Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 73-85.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.

Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran Di Pendidikan Usi Dini. Prenada Media.

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130-131.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-12

Cara Mengutip

Iyus Sudrajat, , A. S., Uminah, & Lisa Noviyani. (2024). MODEL PEMBELAJARAN KURIKULUM UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PENDEKATAN BANK STREET APPROACH DAN HIGH SCOPE . Journal Education and Government Wiyata, 2(2), 145–158. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/83

Terbitan

Bagian

Articles