PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII 1 SMPN 1 BILAH HULU

Penulis

  • Leni Herlina Dalimunte SMP Negeri 1 Bilah Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Model Talking Stick, Nilai Siswa

Abstrak

Dalam pemahamannya pada pelajaran bahasa Inggris, siswa di SMP Negeri 1 Bilah Hulu belum sepenuhnya mencapai standar Kriteria Kelulusan Minimal (KKM). Dalam kesehariannya terlihat dari kurangnya motivasi siswa dalam belajar dikarenakan model pembelajarannya yang kurang tepat. Harapannya, tujuan penelitian tindakan kelas ini dilakukan agar memperbaiki dan meningkatkan kemampuan siswa hingga keaktifan dan hasil belajar dalam berbicara Bahasa Inggris terutama di dalam kelas. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 1 Bilah Hulu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pada siklus 1, nilai rerata siswa yaitu 72, sementara pada siklus 2 juga meningkat yaitu 79; (2) Siswa pada siklus 1 memperoleh ketuntasan belajar sebesar 69,69%, dan kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi sebesar 90,90%; (3) Pada siklus 1, banyak siswa yang telah mencapai KKM yaitu sebanyak 23 dan meningkat pada siklus 2 sebanyak 30 dari 33 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Talking Stick tepat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Inggris. Penerapan pembelajaran ini berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 1 SMP Negeri 1 Bilah Hulu.

Referensi

Karim, A., J. Soebagyo, R. P. Nuranti, dan A. L. Uljanah. (2021). Analisis Bibliometrik Menggunakan Vosviewer Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scholar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Volume 3. No. 2. Pp. 23-33.

Kurniasih, S. (2015). Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2018/10/model-pembelajaran-kooperatiftipe-talking-stick.html.

Kusumayani, N. K. M., I. M. C. Wibawa, dan K. Yudiana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. Vol. 2 (2) pp. 55-65.

Mutiaji. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII B MTsN 17 Jombang melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.1 No.2. Pp.73-86.

Rohimajaya, N. A., R. Hartono, I. Yuliasri, dan S. W. Fitriati. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 2022: 825-829.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Zuhaidah. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas VII 3 SMPN 1 Lirik Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4 Nomor 1. Halaman 821-829.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

Leni Herlina Dalimunte. (2024). PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII 1 SMPN 1 BILAH HULU . Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 93–104. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/84

Terbitan

Bagian

Articles