PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MODEL ASSURE
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i3.86Kata Kunci:
Media pembelajaran, Model ASSURE, Video pembelajaranAbstrak
Transformasi digital pada abad 21 turut memberikan impact yang masif pada bidang pendidikan. Metode serta media pembelajaran turut memiliki perubahan sesuai dengan kebutuhan zaman. Berbagai macam model pembelajaran tengah diupayakan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, salah satunya penerapan model ASSURE. Artikel ini membahas efektivitas dan langkah penggunaan model pembelajaran ASSURE untuk mengintegrasikan media video dalam pendidikan agama Islam (PAI) Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Data primer yang kami gunakan merupakan buku serta jurnal yang memiliki keterkaitan dengan efektivitas pembelajaran PAI dan cara menggunakan metode ASSURE. Artikel ini menyimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran ASSURE dan media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran siswa. Langkah-langkah model ASSURE, yang mencakup analisis karakteristik peserta didik, penetapan tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran, pemanfaatan bahan ajar, keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, dan evaluasi serta revisi, membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Evaluasi pada akhir proses pembelajaran menjadi penting untuk menilai efektivitas pembelajaran dan memberikan umpan balik yang berguna untuk perbaikan di masa depan. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran ASSURE dan media pembelajaran seperti video dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan dalam pendidikan agama, seperti masalah keterlibatan siswa dan kebosanan dalam pembelajaran.
Referensi
Anggraeni, D. (t.t.). Literasi Agama Dalam Pembelajaran Fikih Berbasis Metode Sorogan. Jurnal Pendidikan Islam, 1. Retrieved from https://edumasa.ipeba.ac.id/index.php/EduMasa/article/view/10
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610
Darllis, N., F, F., & Miaz, Y. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 334–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689
Iskandar, I., & Wahab, W. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ASSURE. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 152–157. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.309
Kadir, A. (2018). PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR MELALUI PELATIHAN MODEL ASSURE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MGMP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN INDRAGIRI HULU TAHUN 2017. 14(1). https://doi.org/10.56633/jkp.v14i1.35
Layn, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Assure terhadap Hasil Belajar Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2151
Linmas Fatimah, S. H. (2023). Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 262–271. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i03.1635
Munandar, A. (2020). DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ASSURE DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN YANG BERKWALITAS. 5.
Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169
Niswatin, K., Zainiyati, H. S., Al Hana, R., & Hamid, A. (2022). Desain Pembelajaran Model Assure Pada Materi Al-Quran Hadits Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JURNAL PENELITIAN, 15(2), 229. https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.9590
Nugraha, M. S., & Diniati, S. W. (t.t.). IMPLEMENTASI MODEL ASSURE SEBAGAI PENDEKATAN DESAIN PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 8. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i3.521
Purwanti, B. (t.t.). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. 3.
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732
Suharni, L. T., & Fachrudin, F. (2019). PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ASSURE DI SEKOLAH DASAR. 3(3). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Zamakhsyari, A., Imaniyah, I., & Munirudin, M. (t.t.). Implementasi Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences dalam Moderasi Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Biruni Babakan Ciwaringin Cirebon. Jurnal Pendidikan Islam, 1. Retrieved from https://edumasa.ipeba.ac.id/index.php/EduMasa/article/view/12
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Munarun, Bakti Fatwa Anbiya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.