URGENSI ADAB DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI DUNIA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i3.88Kata Kunci:
Adab, Belajar, Pembelajaran, Pendidikan, Manners, Study, Learning, EducationAbstrak
Artikel jurnal ini membahas pentingnya adab dalam konteks belajar dan pembelajaran di dunia pendidikan dengan fokus pada pengembangan dan perbaikan adab, baik dari segi murid maupun guru. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, yang mengintegrasikan data dan informasi dari berbagai sumber literatur terkait. Pembahasan utama meliputi berbagai aspek adab, mulai dari adab murid dalam proses belajar, adab murid saat berada dalam lingkungan pembelajaran, hingga adab yang harus diperlihatkan kepada guru, serta adab yang harus dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, tanggung jawab guru terhadap murid juga menjadi sorotan dalam artikel ini. Tujuan dari artikel ini adalah meningkatkan pemahaman tentang pentingnya adab dalam konteks pendidikan serta memberikan panduan praktis bagi semua pihak yang terlibat dalam proses belajar-mengajar untuk meningkatkan dan mengembangkan adab yang lebih baik. Dengan memperhatikan semua aspek yang dibahas, diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang lebih produktif, harmonis, dan membangun. Lingkungan ini akan mendukung pertumbuhan optimal dan perkembangan karakter yang positif bagi semua individu yang terlibat dalam proses pendidikan.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ahmad Siful Ulum Imam. (2018). Konsep Belajar Perspektif Kitab Adabu Al-’Alim Al-Muta’Allim Dan Buku Pendidik Islam Kontemporer. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 2(2), 1–16.
As’ad. (2022). Adab Pendidik Dalam Proses Pembelajaran. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, XI(2), 55–65.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643
Hanafi. (2017). Urgensi pendidikan adab dalam islam. Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 59–78.
Harmita, D., Nurbika, D., & Asiyah, A. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 114–122. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3231
Hartono, U., Amarullah, R. Q., & Mulyadi, E. (2022). Hakikat Belajar Menurut UNESCO Serta Relevansinya Pada Saat Ini. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.65
Hidayat, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2018). PENDIDIKAN BERBASIS ADAB MENURUT A . HASSAN.
Husni, M., & Ardani, A. (2023). Adab Murid Terhadap Guru Menurut Imam Nawawi Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’Alim. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 135–144. https://doi.org/10.47732/adb.v6i2.295
Izzati, A. N., ZamZam, A. F., & Prabowo, M. I. (2023). Peran Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 251–259. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16442
Juhaepa, J., & Supraha, W. (2021). Adab Guru Menurut Pemikiran Imam Al-Nawawi dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 91. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4365
Kadir, A. (2020). Konsep Adab Menuntut Ilmu Dan Mengajarkannya. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 3(02), 23–44. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v3i02.86
Marom, N. K., Muntaqo, R. M. R., & ... (n.d.). Urgensi Pendidikan Adab Dalam Pendidikan Agama Islam Kajian Kitab Adabu Al Alim Wa Al Muta’Alim Karya Kh Hasyim Asy’Ari. Repository FITK …. http://repo.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/1803/
Mayori, K. (2022). Implementasi Adab Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 9 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tematik, 276–289. https://cewekbanget.grid.id/read/06996349/belajar-dari-kasus-guru-
Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028
Nur Eliza Mohd Noor. (2021). September 2021 Acceptance Date: 30. 6, 52–63.
Nur Khamsiah binti Adan. (2021). Tanggungjawab menjaga adab menuntut llmu semasa sesi pengajaran dan pembelajaran dalam talian (PDPT). International Conference On Syariah & Law2021(ICONSYAL 2021)-Online Conference, 2021(April), 215–226.
Rohim, M. (2020). Konsep Adab Belajar (Studi Komparasi Kitab Tanbihul Muta’Alim Dengan Kitab Taysir Al- Khollaq). Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(1 SE-), 16–39. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/95
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Tarbiyah, F. (2023). Pendidikan Islam Dan Adab Belajar Perspektif KH . Hasyim Asy ’ ari. 9(2), 461–482.
Yani, M. (2021). Hakikat Guru dalam Pendidikan Islam. Sultra Educational Journal, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i2.158
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sakila , Siti Masyithoh
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.