PENGARUH PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH: SEBUAH KAJIAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.158Kata Kunci:
Hasil Belajar, Perencanaan Pembelajaran, SiswaAbstrak
Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengkaji bagaimana keberhasilan capaian pembelajaran siswa dipengaruhi oleh pendekatan guru dalam mendidik siswa dan untuk menilai tingkat profesionalisme guru di Indonesia, khususnya di masing-masing sekolah. Penelitian ini menggunakan metode telaah pustaka, dengan menggabungkan temuan-temuan penelitian yang relevan. Banyak penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara kualitas pengajaran dan prestasi siswa. Sementara capaian kognitif menunjukkan peningkatan yang signifikan, capaian afektif dan psikomotorik juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Sangat disarankan bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran secara matang, karena persiapan ini berdampak langsung pada hasil belajar siswa, sejalan dengan visi dan misi sekolah, serta harapan orang tua siswa.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anggriani, F., Wijayati, N., Susatyo, E. B., & Kharomah. (2019). Pengaruh Project-Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2404–2413.
Butarbutar, I. P., Munthe, B., Sianipar, H. H., Nainggolan, J., & Murniarti, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Participative Teaching and Learning Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Afektif Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(1), 1–15. https://doi.org/10.51212/jdp.v15i1.126
Hasibuan, F. H. (2023). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru PAI di MTs Al-Washliyah Perdagangan. AFoSJ-LAS, 3(1), 79–88. http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS
Lovisia, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Meylani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Afektif pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 171 Seluma. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 125–132. http://almufi.com/index.php/AJPhttp://almufi.com/index.php/AJP%0Ahttp://almufi.com/index.php/AJP/article/view/51
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Anggraeni, R. (2022). Implementasi Perencanaan Pembelajaran Menggunakan Model Group Investigation Dengan Media Interaktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Kelas 2 SDIT Bait Adzkia Islamic School. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 48–53. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6693
Siwardani, N. W., Dantes, N., & IGK Arya, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1), 1–10.
Zuryati. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA.1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rabiatul Adawiyyah, Faizah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.