PARADIGMA PSIKOANALISIS DALAM PERSPEKTIF SIGMUND FREUD

Penulis

  • Rama Aditya Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al Farabi Pangandaran
  • Ulpah Nupusiah Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al Farabi Pangandaran

Kata Kunci:

Kepribadian, Sigmund Freud.

Abstrak

Kepribadian adalah sesuatu yang memungkinkan untuk memprediksi tentang apa yang dikeijakan seseorang dalam suatu tertentu, mencakup semua tingkah laku individu baik yang terbuka (lahiriyah) maupun yang tersembunyi. Sigmund Freud menjelaskan kepribadian adalah integrasi id (dorongan biologis), ego (menimbang) dan super ego (norma social/lingkungan). Kepribadian sebagai suatu struktur atau organisasi hipotesis, dan tingkah laku dilihat sebagai sesuatu yang diorganisasi dan diintegrasi oleh kepribadian atau dengan kata lain kepribadian sebagai organisasi/struktur yang menjadi penentu atau pengaruh tingkah laku. Psikologi kepribadian mempelajari sifat atau kumpulan sifat individu yang membedakan dengan individu lain dan diterapkan menjadi jelas atau dapat dipahami. Para teoris kepribadian memandang kepribadian sebagai sesuatu yang unik atau khas pada diri setiap orang. Kepribadian menurut para teoris kepribadian merepresentasikan proses keterlibatan subjek atau individu atas pengaruh internal dan eksternal yang mencakup faktor genetic atau biologis, pengalaman social atau perubahan lingkungan

Referensi

Arroisi, J. (2021). Psikologi Modern Perspektif Malik Badri (Analisis Kritis Atas Paradigma Psikoanalisa Dan Behaviourisme). Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 12(1), 1-13.

Ja'far, S. (2015). Struktur Kepribadian Manusia Perspektif Psikologi Filsafat. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).

Rosyidi, H. (2012). Psikologi kepribadian: paradigma psikoanalisa

Rustam, S. P., & Kons, M. P. (2016). Psikologi Kepribadian. Pustaka Rumah Aloy.

E. Koeswara, 1991, Teori-Teori Kepribadian, Bandung: PT Eresco, hal.

Yustinus Semium, 2006, Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud, Yogyakarta: Kanisius, hal. 44

Alisyahbana, T. (2020). Manusia Dalam Pandangan Psikologi. Deepublish.

Fatih, M. K. (2019). Epistemologi psikoanalisa: menggali kepribadian sosial dalam perspektif sigmund freud. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 20-31.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Rama Aditya, & Ulpah Nupusiah. (2023). PARADIGMA PSIKOANALISIS DALAM PERSPEKTIF SIGMUND FREUD. Journal Education and Government Wiyata, 1(3), 171–177. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/16

Terbitan

Bagian

Articles