IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KELAPA GADING TIMUR
Kata Kunci:
Implementasi, pengembangan silabus, kompetensiAbstrak
Tujuannya dilakuakannya penelitian ini yaitu agar bisa mendeskripsikan
pelaksanaan pengembangan silabus berbasis kompetensi di SDN 01 Kelapa
Gading Timur. Metode penelitian yang dipakai yakni kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, serta
studi dokumentasi. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwasanya
implementasi pengembangan silabus berbasis kompetensi di SDN 01 Kelapa
Gading Timur melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Dalam fase perencanaan, guru menyusun silabus sesuai dengan kompetensi yang
dibutuhkan. Pada tahap pelaksanaan, guru menggunakan silabus sebagai acuan
dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melaksanaan kegiatan
pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan untuk menilai kesesuain antara silabus
dengan pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
implementasi pengembangan silabus berbasis kompetensi di SDN 01 Kelapa
Gading Timur sudah dilaksanakan dengan baik.
Referensi
Ahmadi, Wahid. 2004. Risalah Akhlak: Panduan Perilaku Muslim.
Modern. Solo: Era Intermedia. E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai. (2016). Manfaat Media
Pembelajaran. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Miftahul Jannah, Maria Ulfah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.