IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KELAPA GADING TIMUR

Penulis

  • Miftahul Jannah Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta

Kata Kunci:

Implementasi, pengembangan silabus, kompetensi

Abstrak

Tujuannya dilakuakannya penelitian ini yaitu agar bisa mendeskripsikan
pelaksanaan pengembangan silabus berbasis kompetensi di SDN 01 Kelapa
Gading Timur. Metode penelitian yang dipakai yakni kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, serta
studi dokumentasi. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwasanya
implementasi pengembangan silabus berbasis kompetensi di SDN 01 Kelapa
Gading Timur melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Dalam fase perencanaan, guru menyusun silabus sesuai dengan kompetensi yang
dibutuhkan. Pada tahap pelaksanaan, guru menggunakan silabus sebagai acuan
dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melaksanaan kegiatan
pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan untuk menilai kesesuain antara silabus
dengan pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
implementasi pengembangan silabus berbasis kompetensi di SDN 01 Kelapa
Gading Timur sudah dilaksanakan dengan baik. 

Referensi

Ahmadi, Wahid. 2004. Risalah Akhlak: Panduan Perilaku Muslim.

Modern. Solo: Era Intermedia. E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai. (2016). Manfaat Media

Pembelajaran. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

, M. J., & Maria Ulfah. (2024). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KELAPA GADING TIMUR. Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 9–16. Diambil dari https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/view/54

Terbitan

Bagian

Articles